Follow

Kiat Mengasah Kemampuan Public Speaking

Editor: Urwatul Wutsqaa | Senin, 30 Maret 2020 - 15:00 Wita | 141 Views
identitas/ Santi Kartini

Tak dapat dipungkiri, kemampuan berbicara di depan umum (Public Speaking) merupakan salah satu skill yang wajib dimiliki bagi setiap individu. Tidak terbatas pada profesi, usia, ataupun latar belakang seseorang. Kemampuan berbicara di depan umum bisa membantu kita untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Namun, bebicara di depan umum tidaklah semudah yang dibayangkan. Ketika hendak menyampaikan sesuatu di depan hadirin, kita harus mengetahui teknik-teknik tertentu.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang teknik tersebut, Reporter identitas, Risman Amala Fitra mendatangi salah satu dosen Biologi FMIPA Unhas, yang juga merupakan presenter dan newscaster TVRI, Dr Eddyman W. Ferial SSi MSi CPS, di sebuah festival, Rabu (11/3). Berikut kutipan wawancaranya.

Bagaimana tanggapan Anda tentang kemampuan berbicara di depan umum?

Berbicara itu adalah kemampuan yang dimiliki semua orang. Karena pada dasarnya saat kita baru lahir berbicara itu ditandai dengan tangisan. Nah, tangisan itu merupakan salah satu bentuk komunikasi sederhana. Berbicara adalah seni, karena setiap orang mempunyai dinamika yang berbeda-beda. Kemudian, pancaran dari pembicara itu terwujud dari gestur, sikap tubuh atau wiraga. Ketika kita berbicara, semua panca indra pada wajah ikut berbicara. Mata, hidung, muka, dan bibir ikut berbicara. Jadi kemampuan berbicara itu adalah karya seni.

Kesalahan apa yang sering dilakukan ketika berbicara di depan umum, tetapi tidak disadari?

Kesalahan yang dilakukan ketika berbicara di depan umum contohnya, salah dalam menyampaikan. Hal ini disebabkan karena kurangnya wawasan, jam terbang, dan kurang membaca. Selain itu, kesalahan dalam menyampaikan juga disebabkan oleh faktor kebiasaan dan budaya. Karena untuk orang bugis makassar, kadang-kadang ada budaya di mana kita kelebihan “vitamin G”, contohnya “Ayo kita makang ikang bakar”. Nah, itu tidak perlu ditertawakan, karena sudah menjadi budaya. Sama ketika orang jawa barat mengatakan “Maap”, karena membedakan huruf p dengan f itu agak sulit untuk mereka.

Bagaimana cara kita menguasai diri ketika berbicara di depan umum?

Untuk menguasai diri kita harus percaya diri, tapi tidak boleh percaya diri yang berlebihan. Salah satu caranya adalah berlatih di depan cermin, lihat bagaimana bentuk bibir ketika mengucapkan kata, sikap tubuh disarankan untuk tegak, dan berbusana yang pantas dan wajar, sesuai dengan tema atau materi acara yang dibawakan. Kerapian juga harus selalu dijaga, karena dengan tampil rapi akan meningkatkan kepercayaan diri. Selain itu, untuk menguasai forum, kita harus kenali siapa audience. Caranya, kontak panitia dan  tanyakan audience nya dari mana saja, usianya berapa, dan profesinya. Karena dengan mengenal audience lebih awal, kita akan mudah mengatur irama yang diinginkan.

Seberapa penting bagi mahasiswa untuk mempelajari teknik berbicara di depan umum?

Teknik berbicara di depan umum sangat penting bagi mahasiswa. Dalam berbagai kegiatan seperti Kuliah Kerja Nyata, mereka harus berbicara di depan masyarakat desa. Kemudian untuk menghadapi seminar proposal, ujian skripsi atau hasil penelitan, dan ujian sidang sarjana juga dibutuhkan skill ini. Karena mereka harus berbicara dengan teratur dan tertib, tidak boleh asal ngomong.

Teknik apa saja yang biasa digunakan ketika berbicara di depan umum?

Teknik berbicara di depan umum yang pertama kita harus prepare. Harus siapkan apa saja yang ingin kita sampaikan. Kedua, harus menjaga penampilan, sehat jasmani, dan rohani. Ketiga, tepat waktu, dalam arti tepat memulai dan tepat mengakhiri. Keseluruhan dari poin itu disebut dengan istilah IBC. Introduction adalah pendahuluan secara singkat, B adalah Body atau badan dari keseluruhan apa yang ingin kita sampaikan, dan C adalah Closing atau penutup. Penutup boleh memberikan penekanan pada closing statement, yang membuat orang mengingat kita.

Metode apa saja yang efektif digunakan untuk latihan berbicara di depan umum?

Metode latihan yang dapat kita gunakan adalah berbicara dengan teman dekat. Nantinya teman dekat akan memberi evaluasi. Kemudian berbicara di depan keluarga dekat, lalu berbicara  di depan khalayak ramai, seperti di tingkat lurah, RT, dan RW. Jadi, jangan coba berbicara di depan umum, sebelum berbicara dengan teman dekat terlebih dahulu, karena mereka adalah guru yang paling jujur.

Indikator apa saja yang bisa menunjukkan bawa seseorang sudah sukses sebagai pembicara publik?

Indikator yang pertama adalah ketika kita selesai dan menutup acara, hadirin tersenyum dan bertepuk tangan tanpa kita minta. Kedua, kita akan melekat dipikiran orang-orang sebagai pembicara publik yang profesinal, tepat waktu, tepat janji. Dan ketiga repeat order, orang akan mengundang kita untuk acara yang lain. Itu bisa menjadi ukuran keberhasilan kita sebagai public speaker.

Adakah pesan yang ingin disampaikan untuk pembaca PK identitas Unhas?

Untuk seluruh mahasiswa khususnya para pembaca identitas, apapun profesi Anda, di mana pun Anda bekerja, public speaking harus selalu di utamakan. Public speaking sangat penting dalam kehidupan sehari-hari dan sangat mendukung karir apapun yang kita pilih. Di Indonesia, kurang lebih lima tahun belakangan ini kesadaran akan pentingnya public speaking mulai mencuat. Mari kita jadi pembicara publik yang bersertifikat teratur, terstruktur, terukur, singkat, tepat, padat, jelas, memikat dan bermartabat.

 

Data diri

Nama Lengkap                 :Eddyman E. Ferial, S.Si., M.Si.

Tempat/Tanggal Lahir   :Makassar, 10 Januari 1970

Agama                               : Islam

 

Riwayat pendidikan :

  • S1 Biologi UNHAS (1994)
  • S2 Biologi ITB (1997)
  • S3 Ilmu Kedokteran UNHAS (2010)
  • International Sandwich Program di Griffith University, Queensland Brisbane Australia (2010)

Pekerjaan

  • Dosen Biologi FMIPA UNHAS
  • Dosen Luar Biasa di F. Teknik Gowa, FK Unhas (Dept. Kedokteran Hewan & Fisioterapi), FKG Unhas, FKM, Kehutanan, Ekonomi, dan Berbagai Kampus Sekolah Tinggi Kesehatan di Makassar
  • Peneliti Dalam Bidang Biologi Reproduksi & Herbal Medicine
  • Kepala Laboratorium Biologi Dasar Universitas Hasanuddin
  • Presenter & Newscaster TVRI
  • Instruktur Pada Berbagai Komunitas Bertopik Personality Plus, Public Speaking, Service Excellent

 

 

 

BACA JUGA