Follow

Kiriman Datang Terlambat, Kamu Bisa Lakukan 5 Hal Ini

Editor: Sri Hadriana | Senin, 08 Oktober 2018 - 14:32 Wita | 215 Views
Foto: identitas/Musdalifah

Bagi mahasiswa yang tinggal di indekos, uang bulanan adalah sumber kehidupan. Namun adakalanya orang tua kadang lupa atau terkendala untuk mengirimnya tepat waktu. Jika sudah seperti itu, kamu wajib melakukan hal-hal ini untuk bertahan hidup saat krisis keuangan dikarenakan ‘kiriman terlambat’ dari orang tua.

1. Menghemat Pengeluaran

Foto: webmuslimah.com

Jika biasanya kamu makan siang di kantin, maka mulai sekarang belajarlah untuk masak sendiri dan makan siang di indekos. Selain berhemat, ini juga menguji kreativitas karena kamu dapat membuat makanan sesuai resep yang kamu ciptakan sendiri.

2. Puasa

Foto: jejamo.com

Selain menghemat, puasa juga dapat menguji kesabaran serta menambah pahalamu. Puasa yang dapat kamu lakukan adalah puasa senin dan kamis atau puasa-puasa sunnah lainnya.

3. Makan di rumah atau indekos teman

Foto: tribunnews.com

Manusia adalah makhluk sosial yang tidak dapat hidup tanpa orang lain. Mungkin ungkapan ini dapat dibuktikan pada saat-saat seperti ini. Kamu dapat menumpang makan di rumah atau indekos teman yang memiliki makanan yang lebih. Tapi ingat, jika suatu hari kamu yang berlebih, ajaklah teman makan di penginapanmu.

4. Ngebon di warung

Foto: warungmangomi.blogspot.com

Saat kiriman belum datang, kamu dapat ngebon (utang) dulu di warung sekitaran penginapanmu. Namun untuk bisa dipercaya, kamu perlu menjalin hubungan yang baik dengan tetangga di sekitar indekosmu.

5. Cari penghasilan tambahan

Foto: moneysmart.id

Selain bergantung pada kiriman orang tua, ada baiknya menyempatkan diri membuat usaha untuk mendapat penghasilan tambahan. Mulailah dengan usaha yang memiliki modal yang kecil. Jika perlu, ajaklah temanmu untuk bergabung dengan usaha yang kamu buat.

M23

BACA JUGA