Follow

KKN Unhas Enrekang 1 Edukasi Covid di Pasar Rakyat

Editor: Wandi Janwar | Minggu, 02 Agustus 2020 - 21:02 Wita | 87 Views
Dokumentasi Pribadi

Salah satu isi dari tri dharma perguruan tinggi adalah pengabdian kepada masyarakat. Hal ini dapat diaplikasikan melalui suatu program dalam bentuk Kuliah Kerja Nyata (KKN).

Tahun ini, Universitas Hasanuddin kembali menyelenggarakan KKN yang berfokus pada tema sentral, “Bersatu Melawan Covid-19”. Para peserta KKN Unhas Gelombang 104 yang berlokasi di Kabupaten Enrekang 1 menggelar kegiatan edukasi pencegahan Covid-19 di beberapa tempat pelayanan umum. Kegiatan ini berlangsung secara simultan di Pasar Sudu Kecamatan Alla, Kabupaten Enrekang, sejak Kamis (30/7).

Dosen Pendamping Kegiatan (DPK) KKN Unhas di lokasi Enrekang 1, Asman SP MP menjelaskan, kegiatan ini dilaksanakan sesuai dengan tema sentral yang telah ditentukan. Dalam pelaksanaannya, mahasiswa melakukan serangkaian kegiatan edukasi, dan memberikan tutorial cara pembuatan penyanitasi tangan (hand sanitizer) dari bahan herbal yang banyak terdapat di lingkungan sekitar. Mereka juga juga melakukan penyemprotan disinfektan di tempat umum.

“Bentuk edukasi yang dilakukan mahasiswa yakni edukasi langsung dan melalui media daring. Untuk edukasi langsung mahasiwa mendatangi Pasar Sudu dan membagikan masker, baik kepada pedagang maupun pengunjung,” kata Asman, yang juga merupakan dosen Agroteknologi Fakultas Pertanian Unhas.

Dokumentasi pribadi

Untuk kegiatan edukasi melalui media, mahasiswa KKN Unhas di Enrekang 1 melakukan promosi kesehatan dalam bentuk leaflet dan poster. Material edukasi ini dibagikan kepada pedagang dan pengunjung, serta ditempel pada tempat-tempat umum yang tersedia. Mahasiswa juga melakukan distribusi informasi melalui media online seperti instagram, whatsapp dan facebook.

“Para peserta KKN di lokasi ini membagikan masker, karena melihat keadaan dimana masih banyak pedagang dan pengunjung tidak menggunakan masker di dalam lingkungan pasar,” kata Asman.

Kehadiran mahasiwa KKN Unhas disambut baik oleh masyarakat, baik di dalam maupun di luar lingkungan pasar. Hal ini terlihat dari antusiasnya pedagang dan pengunjung di tengah-tengah kesibukan mereka sempat bertanya dan berdialog dengan mahasiswa terkait pencegahan Covid-19.

Selain di lingkungan pasar, kegiatan sosialisasi dan promosi juga dilakukan pada tempat-tempat umum, seperti masjid, kantor desa, toko, rumah makan, lingkungan desa dan tetangga sekitar. Bahkan, para mahasiswa KKN juga menyasar anak-anak usia sekolah dasar.

Wandi Janwar

BACA JUGA