Follow

KKNT Sinjai Bagi Tips Jadi Muslim Kuat Di Masa Pandemi

Editor: Santi Kartini | Kamis, 30 Juli 2020 - 21:51 Wita | 89 Views
KKN Tematik Unhas Posko Sinjai 1, gelar kajian muslim yang kuat pada pandemi Covid-19, Kamis (30/07). Foto ; Tangkapan Layar/identitas.

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Unhas gelombang 104 posko Sinjai 1 mengadakan Kajian Spesial bertema, Menjadi Muslim Yang Kuat di Masa Pandemi melalui platform Zoom Meeting, Kamis (30/07).

Dipandu oleh Peserta KKNT Unhas Sinjai 1, Maalikul Mulki mengundang Ketua Dewan Pimpinan Daerah Wahdah Islamiyah Sinjai, Al-Ustadz Muhammad Saleh Kurdi, S.Pd sebagai narasumber.

Sehubungan dengan penyambutan Hari Raya Idul Adha, Ustadz Saleh memaparkan tentang keutamaan sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah yang menurutnya penuh dengan keberkahan. Ia menambahkan, sepuluh malam pertama bulan Dzulhijjah merupakan momen terbaik umat Islam.

“Amat disayangkan jika hari-hari penuh berkah tersebut dilewati tanpa beribadah,” ujarnya mengingatkan.

Terkait sikap umat Islam di masa pandemi, Ustadz Saleh mengatakan, dunia merupakan tempat makhluk-Nya diuji baik dengan kesusahan maupun kesenangan. Wabah Covid-19 yang sedang dihadapi saat ini adalah salah satu ujiannya.

“Musibah ada sebagai ujian keimanan. Apakah kita bersabar atau menjauh dari rahmat Allah SWT merupakan pilihan di masa pandemi ini” jelas Ustadz Saleh.

Ustadz Saleh mengungkapkan, dalam menghadapi situasi pandemi Covid-19, umat Islam tidak boleh melupakan Allah SWT yang telah menyiapkan petunjuk atau rambu untuk menuntun yaitu Al-Qur’an. Penerapan petunjuk tersebut, harus dilakukan semaksimal mungkin.

Di akhir materinya, Ustadz Saleh membagikan beberapa tips dan trik menjadi muslim yang kuat dan tegar di era pandemi Covid-19.

“Kita harus sadar bahwa semua ini terjadi atas takdir Allah SWT. Oleh karena itu, sebagai umat kita harusnya dapat berikhtiar dengan menerapkan protokol kesehatan dan bertawakkal akan hikmah dibalik suatu musibah” tutupnya.

M118

 

BACA JUGA