Follow

Kurang Terekspos, Ini Gedung-gedung di Unhas yang Bisa Kamu Gunakan

Editor: Sri Hadriana | Jumat, 05 Oktober 2018 - 15:05 Wita | 381 Views
Gedung-gedung di Unhas yang kurang terekspos.

Kampus merupakan tempat yang akrab dengan mahasiswa. Berbagai gedung disiapkan sebagai fasilitas untuk menunjang kemampuan dan aktivitas kemahasiswaan. Namun, apa jadinya jika mahasiswa justru tidak tahu dengan fasilitas tersebut? Simak ulasan kali ini untuk mengetahui gedung -gedung apa saja yang ada di Unhas yang bisa kamu manfaatkan.

1. UPT Pusat Bahasa

Foto: identitas/Melani

Gedung Pusat Bahasa Unhas adalah salah satu fasilitas yang dapat digunakan mahasiswa untuk meningkatkan kemampuan berbahasa inggris. Bangunan ini memberikan pelayanan berupa kursus bahasa inggris hingga terjemahan dokumen. Kursus bahasa inggris tersebut terbuka bagi mahasiswa dan masyarakat umum.

Adapula kelas intensif dikhususkan bagi mereka yang ingin mencapai skor TOELF/IELTS tertentu. Kelas ini biasanya berisi mahasiswa tingkat akhir yang menyiapkan diri sebagai syarat melanjutkan studi S2 atau S3.

Peserta yang mengambil kursus di UPT Pusat Bahasa akan memperoleh sertifikat yang terpercaya.

UPT Pusat Bahasa beroperasi dari hari Senin-Jumat pada jam kantor, sedangkan kursus akan terbuka dari hari Senin-Minggu. Jadwal ini akan tetap berlangsung meskipun kalender akademik menunjukkan libur semester.

2. Pusat Kegiatan Penelitian (PKP)

Foto: istimewa

Pusat Kegiatan Penelitian (PKP) adalah fasilitas Unhas yang berfokus pada kegiatan penelitian. Gedung ini merupakan upaya peningkatan pelayanan penelitian secara efektif dan efisien bagi civitas akademika Unhas.

PKP terletak di samping gedung registrasi mahasiswa baru dan berisi berbagai laboratorium terpadu. Bangunannya terdiri dari lima lantai.

Di sana, civitas akademika dapat melakukan penelitian berupa pengembangan bioteknologi, ilmu-ilmu kesehatan serta pengembangan laut, pesisir dan pulau-pulau kecil. Bagi mahasiswa yang ingin melakukan penelitian, hendaknya terlebih dahulu menyurat agar memperoleh perizinan.

3. Global Development Learning Network (GDLN)

Foto: identitas/Meliana

Global Development Learning Network (GDLN) berupa pengembangan jaringan pembelajaran global. Gedung ini berada di lantai 3 gedung PKP Unhas. Penggunaan GDLN mampu menciptakan hubungan nasional dan internasional terkhusus pada bidang pendidikan.

Salah satu fasilitas di Unhas ini menggunakan teknik dan teknologi pembelajaran jarak jauh. Melalui teknik tersebut, GDLN memungkinkan kita berkomunikasi untuk acara seminar, koordinasi atau wawancara tanpa tatap muka langsung.

Berbagai kuliah interaktif melalui teleconference telah dilakukan menggunakan fasilitas ini. Unhas merupakan satu-satunya kampus yang memiliki fasilitas GDLN se-Indonesia Timur. Mahasiswa dan dosen yang hendak memanfaatkan gedung ini tidak dikenakan biaya.

4. Pusat Bimbingan dan Konseling (PBK)

Foto: identitas/Meliana

Pusat Bimbingan dan Konseling (PBK) adalah salah satu fasilitas yang jarang dimanfaatkan oleh mahasiswa. ‘Konseling’ hingga saat ini masih mendapat stereotip negatif karena mahasiswa menganggap, konseling hanya untuk mereka yang melakukan pelanggaran. Padahal, konseling diperuntukkan bagi mahasiswa Unhas yang mengalami hambatan selama perkuliahan.

Mahasiswa yang ingin curhat dapat mengunjungi PBK dari pukul 8 pagi hingga 3 sore, dan terbuka selama hari kuliah. Konselor akan membuat janji dengan mahasiswa sehingga waktu yang digunakan untuk berkonsultasi bisa lebih lama. Mahasiswa akan mendapatkan solusi pilihan, dan perspektif luas mengenai masalah mereka dan merasa tidak akan menanggung masalah tersebut sendirian.

M33

BACA JUGA