Follow

LP2M Unhas dan Balitbangda Majene Paparkan Hasil Penelitian

Editor: Wandi Janwar | Sabtu, 30 November 2019 - 16:57 Wita | 49 Views
Dokumentasi Pribadi

Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat Universitas Hasanuddin (LP2M Unhas)  bekerja sama dengan Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Majene, melaksanakan Seminar Hasil Penelitian di Ruang Pola Kantor Bupati Majene, Sabtu (30/11). Kegiatan ini mengusung tema “Hasil Penelitian Survei Potensi Kawasan Ekonomi dan Sistem Informasi dan Database Kelitbangan”.

Seminar hasil penelitian tersebut dihadiri Bupati Majene (Dr Fahmi Massiara), Ketua DPRD Majene (Salmawati Djamado), Rektor Unhas yang diwakili oleh Direktur Komunikasi (Suharman Hamzah PhD, Ketua LP2M Unhas (Prof Dr Alimuddin Unde MSi), Ketua Balitbangda Majene, Pimpinan OPD lingkup Kabupaten Majene, dan Tim Peneliti LP2M.

Dalam pengantarnya, Ketua LP2M menjelaskan bahwa sebagai perguruan tinggi, Unhas memiliki tugas untuk melaksanakan pendidikan dan penelitian, serta pengabdian pada masyarakat.  Konsep yang dikenal dengan tri dharma perguruan tinggi ini menjadi basis aktivitas perguruan tinggi dalam berhubungan dengan masyarakat.

“LP2M Unhas terus mendorong kerjasama penelitian, tidak hanya pada perusahaan maupin lembaga riset namun juga pada pemerintah kabupaten dan kota. Unhas menyediakan dana riset yang bisa dikerjasamakan dengan pemerintah kabupaten dan kota. Kami telah melakukan kerja sama ini di berbagai tempat, khususnya di Kawasan Timur Indonesia,” kata Prof Alimuddin dalam rilis yang diterima identitas.

Sementara itu, Direktur Komunikasi Unhas, Suharman Hamzah PhD mengatakan, tanggung jawab sosial Unhas melalui communiversity adalah wujud nyata kontribusi Unhas pada masyarakat dan bangsa.  Mewakili pimpinan universitas, dirinya menyampaikan terima kasih atas kepercayaan pemerintah Kabupaten Majene dalam melibatkan Unhas.

“Unhas selalu membuka ruang kerja sama dengan mitra, khususnya pemerintah kabupaten dan kota, untuk pendampingan maupun pengembangan sumber daya dan potensi daerah. Selain itu, Unhas juga fokus pada isu-isu kemanusiaan melalui humaniversity. Sebagai hub perguruan tinggi di Jndonesia, Unhas dituntut berkontribusi lebih besar sesuai SDM yang dimiliki,” papar Suharman.

Bupati Majene, Dr Fahmi Massiara, menyambut hangat pelaksanaan seminar hasil penelitian ini. Beliau menjelaskan bahwa Majene memiliki potensi yang besar dan membutuhkan bantuan untuk dapat dikembangkan.

“Potensi yang kami miliki ini perlu didukung dalam pengelolaan dan pengembangan, sehingga dapat bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat.  Itulah sebabnya, kehadiran Unhas yang melakukan riset pemetaan dan pengembangan sistem informasi serta penyiapan data base sangat membantu kami,” kata Fahmi.

Kabupaten Majene memiliki pesisir pantai yang cukup panjang hingga di sekitar Mamuju.  Potensi perikanan dan kelautan serta sektor pertanian yang besar akan dimaksimalkan pemanfaatannya.  Unhas akan mengambil bagian dalam proses pengembangan tersebut.

“Semoga jalinan kerja sama akan terus berjalan antara Pemkab Majene dan Unhas,” harap Fahmi di akhir sambutannya.

Wandi Janwar

BACA JUGA