Follow

Mahasiswa KKN Tibojong Kelola Kotoran Sapi Jadi Pupuk Kompos

Editor: Fatyan | Minggu, 07 Juli 2019 - 21:41 Wita | 107 Views
Dokumentasi Pribadi

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler Unhas gelombang 102 Kelurahan Tibojong, Kecamatan Tanete Riattang Timur, Kabupaten Bone menjalankan program kerja, yaitu pengelolaan kotoran ternak sapi  menjadi pupuk kompos. Program kerja tersebut dijalankan di TPS 3R Kelurahan Tibojong, Sabtu (6/7).

Setelah  mengobservasi lingkungan kelurahan selama beberapa hari, mahasiswa peserta KKN Tibojong mantap mengusulkan program kerja pengelolaan kotoran ternak sapi menjadi pupuk kompos . Karena melihat tempat ternak hewan serta kotoran hewan pantas dijadikan pupuk kompos untuk masyarakat sekitar kelurahan.

“Awalnya ide ini datang ketika melihat kotoran sapi yang lumayan banyak. Akhirnya kami berniat untuk mengelolahnya agar bermanfaat bagi masyarakat sekitar,” ujar Abdul Halim.

Sebelum mantap menjalankan program kerja, Abdul Halim selaku mahasiswa peternakan ini menjelaskan berbagai tahap kepada peserta KKN lainnya. Sebelumnya, mereka juga telah membahas  metode yang akan dijalankan saat melakukan pengelolaan kotoran hewan menjadi pupuk kompos organik.

Pengelolaan kotoran hewan menjadi pupuk kompos tidaklah sulit. Hali ini dikatakan oleh  Arista Amalia yang juga peserta KKN di daerah tersebut. Menurutnya, ini lebih nyata dibanding proker lain karena menghasilkan manfaat untuk warga sekitar kelurahan.

Penulis: Arista Amalia, Mahasiswa Departemen Sastra Prancis, yang juga merupakan peserta KKN Kelurahan Tibojong.

BACA JUGA