Follow

Mahasiswa Psikologi Unhas Bahas Kesehatan Mental dari Beragam Perspektif

Editor: Khintan | Kamis, 06 Desember 2018 - 13:54 Wita | 54 Views
Para mahasiswa psikologi Unhas 2017 dengan didampingi dosen pengampu mata kuliah Mental Health menggelar diskusi panel mengenai mata kuliah tersebut di Auditorium Prof. A. Amiruddin. Foto: Mufliha/Identitas.

Para mahasiswa psikologi Unhas 2017 dengan didampingi dosen pengampu mata kuliah Mental Health menggelar diskusi panel mengenai mata kuliah tersebut di Auditorium Prof. A. Amiruddin). Kegiatan itu terlaksana sebagai tugas akhir mata kuliah Mental Health.

Acara ini dihadiri dosen psikologi Unhas, perwakilan dekan Fakultas Kedokteran Unhas, dan mahasiswa psikologi dari berbagai universitas yang ada di Makassar. Selain itu, kegiatan ini pun menghadirkan empat panelis dari latar belakang pendidikan yang berbeda untuk membahas kesehatan mental berdasarkan perspektif pendidikannya masing-masing.

Mereka adalah Dr dr Irfan Idris, M Kes membahas kesehatan mental dari perspektif jasmani, Dr Drs Muhammad Sabri, M Ag dari perspektif spiritual, Dr Muh. Tamar, M Psi dari perspektif sosial dan Dr Arlina Gunarya, M Sc dari perspektif psikologi.

Adapun tema yang diangkat pada acara ini ialah “Merawat Otentisitas Diri dalam Situasi Kritis.” Ketua Panitia, Muhammad Nuafal Abhiram mengatakan, otentisitas diri sangat penting dibahas karena peserta diskusi kebanyakan mahasiswa baru yang jiwa-jiwanya masih membawa sifat SMA dan ingin mencari jati diri.

“Mereka belum tahu fitrahnya mereka seperti apa serta belum tahu bagaimana sebenarnya blue print yang diberikan oleh pemilik mereka,” katanya.

Selain itu, salah satu pemateri Dr dr Irfan Idris, M Kes yang turut mendukung diskusi ini mengatakan, “secara tidak langsung, diskusi ini memberi pengayaan bahwa kesehatan dari sisi mental sangatlah penting”.

M02

BACA JUGA