Follow

Mahasiswa PWK Unhas Sosialisasi Mitigasi Bencana Kebakaran

Editor: Khintan | Minggu, 14 Oktober 2018 - 16:04 Wita | 71 Views
Dokumentasi Pribadi

Mahasiswa Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) Fakultas Teknik Unhas melakukan pengabdian masyarakat di sekitar Kelurahan Pannampu, Kecamatan Tallo, Kota Makassar, Sabtu-Minggu, (13 – 14/10). Kegiatan yang bernama Plano Resilient ini terdiri atas sosialisasi dan simulasi tanggap bencana serta kerja bakti bersih lingkungan. Selain itu, acara tersebut merupakan rangkaian kegiatan Urban Care 2018 BE HMPWK FT-UH.

Kelurahan Pannampu dipilih karena wilayah ini merupakan salah satu daerah yang rawan bencana terutama kebakaran. Dalam satu tahun terakhir ini tercatat telah terjadi empat kali kebakaran di daerah tersebut. Oleh karena itu, warga perlu lebih dipahamkan mengenai mitigasi bencana kebakaran. Sehingga masyarakat bisa lebih siap dan tanggap dalam mencegah terjadinya bencana.

Pada hari pertama, agenda yang dilakukan ialah bersih-bersih lingkungan guna mencegah terjadinya banjir akibat sampah yang dibuang sembarangan. Kemudian dilanjutkan dengan pemasangan peta jalur evakuasi beserta sign age jalur evakuasi, dan titik kumpul yang bertempat di sebuah mesjid.

“Kegiatan ini merupakan pengaplikasian dari tri darma perguruan tinggi yakni pengabdian kepada masyarakat. Oleh sebab itu, kegiatan ini diharapkan mampu memberikan edukasi kepada masyarakat betapa pentingnya menjaga lingkungan serta melatih kesiap-siagaan masyarakat bila terjadi bencana khususnya saat terjadi kebakaran,”ujar Ketua Panitia Urban Care, Suryandi Yusuf.

Kemudian, saat hari kedua, Perwakilan BPBD Kota Makassar, Nurhidayat Sukardin ST, MT dan Perwakilan Pemadam Kebakaran, Nirwan S. Stp melakukan sosialisasi terkait mitigasi bencana kebakaran. Dan simulasi pemadaman api menggunakan APAR dan karung goni yang merupakan cara memadamkan api secara tradisional namun efektif.

Citizen Reporter: Rosmiaty

Mahasiswa PWK Fakultas Teknik Unhas angkatan 2016

BACA JUGA