Follow

Mahasiswa Unhas Jadi Perwakilan Pertukaran Pelajar di Singapura

Editor: Wandi Janwar | Rabu, 26 Juni 2019 - 20:07 Wita | 267 Views
Dokumentasi Pribadi

Heri Kurniawan yang merupakan Mahasiswa Fakultas Pertanian Unhas, menjadi wakil Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) pada Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) 2019 di Singapura, Juli mendatang.

PPAN sendiri merupakan program bilateral Republik Indonesia dengan beberapa negara, diantaranya ASEAN, Jepang, Korea, dan Singapora. Program ini menjadi agenda tahunan Kementerian Pemuda dan Olahraga (KEMENPORA), di mana pelaksanaan seleksi dikoordinir oleh Dinas Pemuda dan Olahraga provinsi di seluruh Indonesia.

Untuk Sulsel sendiri mengirimkan tiga perwakilan terbaiknya menjadi delegasi di tiga program pertukaran yang berbeda, yaitu The Ship for Southeast Asian and Japanese Youth Program (SSEAYP), Singapore Indonesia Youth Leadership Exchange Program (SIYLEP), dan Indonesia Korea Youth Exchange Program (IKYEP).

Heri sapaan akrabnya, menjadi satu-satunya perwakilan Sulsel pada program SIYLEP setelah melolosi seleksi yang dilaksanakan Dispora Sulsel dan PCMI (alumni PPAN).

Program SIYLEP akan fokus pada pembahasan sustainable living di kedua negara dengan diskusi interaktif serta mempererat hubungan bilateral Indonesia Singapura.

Kegiatan ini juga diharapkan dapat menambah pengetahuan dan wawasan global, sekaligus menjadi wadah bagi pemuda untuk menyampaikan gagasan pada forum internasional, sehingga dapat meningkatkan citra pemuda Indonesia di kancah dunia.

Heri berharap, program tersebut membuatnya menjadi pribadi yang giat dan aktif dalam berbagai kegiatan.

“Menjadi delegasi adalah hal yang saya harapkan untuk dapat menambah wawasan, dan juga menjadi kekuatan lebih untuk menginspirasi banyak orang agar peduli pada lingkungan dan tanah air,” ujarnya.

Lebih lanjut, mahasiswa Budidaya Pertanian ini menambahkan, selepas kegiatan tersebut ia akan melaksanakan berbagai kegiatan yang bermanfaat.

“Selepas kegiatan tersebut, saya berharap dapat menjalankan amanah dengan melaksanakan berbagai kegiatan, yang berdampak langsung kepada pemuda dan masyarakat dengan semangat berkontribusi dan berkolaborasi,” pungkasnya.

Muh. Arwinsyah

BACA JUGA