Mahasiswa Unhas Kembali Ukir Prestasi Menjadi Duta Genre Sulsel

Universitas Hasanuddin merupakan salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Bahkan tahun ini, universitas yang dikenal dengan julukan Kampus Merah tersebut berhasil menduduki peringkat tujuh terbaik nasional, versi Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Ditjen Dikti Kemendikbud RI).

Terkait prestasi, Unhas sudah tak perlu dipertanyakan lagi. Begitupula dengan prestasi mahasiswanya. Baru-baru ini, mahasiswa Fakultas Hukum (FH) Unhas, Muh. Dedy Sasmita berhasil terpilih dalam ajang pemilihan Duta Genre Sulawesi Selatan (Sulsel). Kegiatan yang diselenggarakan oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) provinsi Sulsel ini  telah mengumumkan pemenang pada Minggu (11/10) di Hotel Horizon, Makassar.

Dalam rilis yang diterima, Dedy menjelaskan bahwa Duta Genre merupakan brand sekaligus wadah bagi remaja yang disiapkan oleh BKKBN. Menurutnya, Duta Genre ini menjadi role model bagi remaja dalam persiapan kehidupan berkeluarga agar terhindar dari tiga risiko, yakni seks pra nikah, pernikahan dini, dan Napza (Narkotika, Alkohol, Psikotropika dan Zat-zat Adiktif).

“Melihat perkembangan saat ini saya sadar akan pentingnya peran remaja untuk masa depan. Sehingga, ikut andil guna mempersiapkan remaja yang memiliki SDM berkualitas, tidak hanya dari segi intelektual tapi dari kemampuan psikomotorik,” jelas Dedy, Selasa (13/10).

BACA JUGA: Wadah Diskusi Remaja Masa Kini

Selama satu tahun kedepan, sebagai Duta Genre Sulsel, Dedi memiliki tugas untuk mempromosikan tentang Triad Kesehatan Repodruksi Remaja (KRR) yang meliputi tiga risiko tadi. Dengan demikian,  diharapkan dapat meminimalisir perlakuan menyimpang usia remaja dan meningkatkan peran dan keterlibatan mahasiswa dalam membangun negeri.

Melalui kegiatan ini, Dedi berharap menjadi wadah dalam menyuarakan hak-hak remaja sekaligus menyamaratakan informasi yang dimulai dari daerah pedalaman menuju kota hibrida.

Menanggapi prestasi tersebut, Dekan FH Unhas, Prof Dr Farida Patittingi SH MHum sangat mengapresiasi capaian mahasiswanya. Ini merupakan yang ketiga kalinya mahasiswa FH Unhas meraih prestasi sebagai Duta Genre dan mewakili Sulsel ditingkat nasional.

“Ini menandakan iklim kompetisi dan kaderisasi kemahasiswaan Unhas berjalan baik, juga penguasaan mahasiswa kita bukan hanya di bidang hukum tapi juga bidang lain,” jelas Prof Farida.

Wandi Janwar

No comments

LEAVE A COMMENT