Mengenal LimaTempat Angker di Unhas

Semua tempat pasti memiliki penghuni, hanya saja tak semua orang mampu melihat dan merasakan keberadaannya. Begitu juga beberapa tempat yang ada di Universitas Hasanuddin (Unhas). Beberapa mahasiswa Unhas mengaku memiliki pengalaman mistis ketika berada di tempat tersebut. Di mana saja lokasinya? Berikut enam tempat angker yang dirangkum identitas;

1. Lantai Tiga Laboratorium Agroteknologi

Lokasi pertama tempat terangker di Unhas berada di Fakultas Pertanian, tepatnya di Lantai Tiga Laboratorium Agroteknologi. Lab tersebut cukup terpencil dan sangat jarang dilintasi mahasiswa di hari-hari biasa. Kondisinya yang sepi seringkali membuat bulu kuduk beberapa mahasiswa yang lewat berdiri. Salah satu mahasiswa Fakultas Pertanian angkatan 2019, Nur Qalbi Zaesar Muharram menceritakan pengalaman menyeramkannya saat melewati Lantai Tiga Lab Agroteknologi di malam hari saat menuju LDF Surau Firdaus bersama seorang temannya. Tiba-tiba saja ia melihat sesosok bayangan yang melintas. “Suasananya saja sudah bikin degdegan, Sudah takut maki ketinggian dan gelap lagi, terus tiba-tiba disitu di pohon mangga dekat kolam tiba-tiba ada bayangan hitam-hitam lewat,” ungkap Qalbi Sabtu, (17/10).

2. Lapangan Parkir Baruga Andi Pangerang Pettarani

Mahasiswa Unhas pasti sudah tak asing lagi dengan parkiran Baruga Andi Pangerang Pettarani. Di parkiran tersebut, berdiri sebuah rumah kecil dan di kalangan mahasiswa, beredar kabar bahwa rumah kecil itu merupakan tempat meletakkan sesajen untuk makhluk tak kasat mata.

Petugas parkir Baruga, Udin saat ditemui langsung di parkiran membenarkan kabar tersebut. Ia mengatakan, setiap Senin dan malam Jumat akan diletakkan pisang, makanan, ataupun ayam yang masih hidup. Bahkan saking keramatnya, pernah ada orang tua mahasiswa yang sakit karena tak sengaja kencing di bawah pohon, dekat rumah kecil tersebut berdiri. “Suatu ketika pernah ada kejadian, seorang ayah wisudawan kencing di bawah pohon itu. Pulangnya, dia tidak bisa bangun dan alat kelaminnya bengkak. Setelahnya dia kembali kesini meletakkan ayam dan baru akhirnya sembuh,” ungkap Udin, Jumat (16/10).

3. Gedung Mata Kuliah Umum Unhas

Salah satu mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Unhas angkatan 2019, Shabir menceritakan pengalaman menyeramkannya saat berada disekitaran Gedung Mata Kuliah Umum (MKU Unhas). Tepatnya di depan Laboratorium Fisika Dasar pada malam hari, saat baru saja menyelesaikan salat magrib. Ia mengatakan, saat itu ia dan temannya janjian bertemu di depan Lab Fisika Dasar yang berada di samping kudapan. Setelah salat, Shabir pun bergegas berjalan menuju depan Lab Fisika Dasar dan sesampainya di sana, tetiba saja ia melihat sosok di kegelapan yang mirip dengan temannya sedang duduk di bangku. Ia pun langsung menghampirinya dan mengajaknya berbicara, hanya saja anehnya sosok yang ia kira temannya tersebut tidak meresponnya.”Saat itu, tiba-tiba teman saya menelpon, katanya dia sedang salat di Musala MPM. Jika itu bukan temanku, lalu siapa? Makanya saya langsung lari,” jelasnya mengingat kembali kejadian misterius yang dialaminya, Rabu  (14/10).

4. Toilet Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan

Tempat angker berikutnya berlokasi di toilet lantai tiga Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan (FIKP Unhas). Kehororan tempat ini, sudah jadi cerita umum di kalangan mahasiswa FIKP. Bahkan beredar kabar penghuninya adalah hantu perempuan berbaju merah, yang seringkali menampakkan diri di toilet pada malam hari.

Salah satu Mahasiswa FIKP angkatan 2019, Sherly mengaku pernah melihatnya sendiri. Saat itu sekitar Pukul 18.000, ia baru selesai Lab dan karena kebelet buang air kecil, ia pun bergegas ke toilet. Saat membuka pintu, Sherly seketika melihat sosok wanita berbaju merah berdiri tepat di bilik pintu toilet. Awalnya ia pikir yang dilihatnya adalah seniornya, dan saat masuk ke dalam toilet, ia pun sempat mengucapkan “permisi kak” ketika berlalu melewatinya. Ketika keluar toilet ia merasa aneh karena melihat wanita tersebut masih pada posisi yang sama, tanpa bergerak melakukan sesuatu. Sebelum melewati pintu keluar toilet, tetiba ia merasakan hawa dingin dari belakang, Sherly kemudian berbalik dan tidak lagi melihat sosok wanita berbaju merah tersebut. “Kaget juga kenapa bisa tiba-tiba hilang. Tapi saya berusaha positif thinking dan meyakinkan diri kalau mungkin dia baru masuk di ruang toilet. Tapi langsung terbantah, pas lihat pintu-pintu bilik toilet terbuka semua,” jelasnya, Sabtu  (17/10).

5. Asrama Mahasiswa Unhas (Ramsis)

Asrama Mahasiswa atau seringkali disebut Ramsis merupakan salah satu tempat terangker bagi mahasiswa Unhas. Tempatnya yang bertingkat serta terdapat banyak koridor dengan pencahayaan yang minim, membuat mahasiswa yang terbiasa pulang di malam hari tak ayal merasakan bulu kuduknya berdiri. Belum lagi, beredar kabar bahwa seringkali mereka mendengar suara-suara aneh di malam hari, seperti suara hentakan kursi ataupun suara dari kamar yang tak lagi berpenghuni.

Salah satu penghuni Ramsis yang merupakan mahasiswa Fakultas Pertanian angkatan 2019, Mutmainnah membenarkan hal tersebut. Ia mengaku memiliki pengamalan horror di Ramsis. Suatu malam saat ia sedang mandi di toilet, ia mendengar suara teriakan perempuan. “Baru-baru ini juga, waktu saya habis pulang kampung, saat memasuki gerbang Ramsis, tiba-tiba saya mencium bau bunga melati dan baunya saya cium dari gerbang depan sampai ke depan kamar saya. Jika itu bau parfum mahasiswa penghuni Ramsis, mana mungkin bisa tercium hingga ke kamar saya.” Ungkapnya Rabu, (14/10).

Terlepas dari segala rumor dan pembahasan yang beredar tentang tempat angker dan penghuni-penghuninya di Unhas, kita masih harus percaya bahwa dimanapun kita berada dan kapanpun itu, Tuhan akan selalu menyertai kita.

Annur Nadia Denanda

Written by

urwatulwutsqaa@gmail.com

No comments

LEAVE A COMMENT