© Copyright Identitas 2020

Direktorat Alumni dan Penyiapan Karir Universitas Hasanudin (DAPK Unhas) kembali mengadakan Hasanuddin Career Program (HCP). Acara berlangsung dua hari melalui Zoom Meeting dan Youtube Kemahasiswaan Unhas, Jumat dan Sabtu (11-12/9).

Pada hari pertama, kegiatan membahas seputar “Know Your Passion,” yang dibawakan oleh Career and Personal Development Coach, Ria Aprilia Ariestiane M Psi. Ia menjelaskan, Passion merupakan ketertarikan terhadap sesuatu yang dapat membuat antusias, suka, cinta, merasa penting, dan bersedia menginvestasikan waktu dan energi untuk belajar.

“Dengan mengetahui passion, seseorang dapat bekerja dengan bersemangat, menikmati, dan tentu hasilnya lebih optimal, dibanding dengan melakukan sesuatu secara terpaksa,” jelasnya.

“Karir paling ideal adalah gabungan antara minat yang disukai, keterampilan yang ada, dan peluang yang sedang terbuka. Maka akan tercipta kesungguhan untuk menjalankan sesuatu,” tambah Ria.

Ia mengatakan ada beberapa cara untuk mengetahui passion.  Mulai dengan melakukan psikotes online, refleksi diri, eksplorasi diri, dan mencari masukan dari orang terdekat. Lalu ada pula enam bidang minat karir yaitu, executor (minatnya melibatkan keterampilan tangan atau pekerja lapangan), thinker (orang yang minatnya menyukai menganalisa), dan creator (menyukai seni).

Selanjutnya, Savior (menyukai diskusi), persuade (suka mempengaruhi orang lain), dan organizer (menyukai rutinitas). Untuk mengetahui minat tersebut, kata Ria harus melakukan refleksi diri.

“Dengan merefleksi diri seperti membuat catatan yang menjelaskan tempat menghabiskan waktu selama kuliah, apa peran dan tanggungjawab yang dilakukan ditempat itu, dan seperti apa aktivitas yang spesifik dilakukan. Olehnya itu, kita mengetahui apa potensi dan keahilian yang dimiliki,” tutupnya.

M124

Post Tags
Share Post
No comments

LEAVE A COMMENT