Mengulas Reklamasi Pantai Losari Melalui Kelas Baca

Badan Pengurus Harian Keluarga Mahasiswa Profesi Sosial Ekonomi Perikanan, Keluarga Mahasiswa Perikanan Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan Universitas Hasanuddin (BPH KMP SEP KEMAPI Unhas) mengadakan Kelas Baca Reklamasi, via Google Meet dengan tema Lingkungan dan Sosial, Minggu (19/07).

Kegiatan tersebut diikuti 15 orang peserta yang merupakan Warga KMP SEP KEMAPI Unhas. Dimoderatori Anggota Divisi Kewirausahaan KMP SEP KEMAPI, Intan Muhlisa dan menghandirkan Suryani Pacong sebagai narasumber.

Saat dihubungi via WhatsApp, Intan Muhlisa mengatakan, pelaksanaan kelas tersebut merupakan realisasi dari program kerja bedah buku Reklamasi Pantai Losari.

“Kelas baca reklamasi ini berawal dari program kerja KMP SEP KEMAPI yaitu bedah buku dan ketertarikan atas isi buku Reklamasi Pantai Losari,”katanya

Selain itu, ia juga menjelaskan pembahasan yang dipaparkan pemateri dalam diskusi tersebut, berkenaan dengan isi buku yang pemateri adaptasi dari skripsinya yaitu reklamasi di Pantai Losari, dan tentang bagaimana orang-orang dapat melihat reklamasi dari berbagai sudut pandang, mulai dari sudut pandang pemerintah hingga masyarakat pesisir.

Lebih lanjut, ia mengatakan seharusnya pengawasan tetap dilakukan oleh instansi yang bertanggungjawab memastikan reklamasi berjalan sesuai dengan aturan dan tidak ada aspek yang dirugikan.

“Orang-orang terkadang berpikir, reklamasi membawa pengaruh buruk atas kehidupan laut dan masyarakat sekitar dikarenakan kurangnya pengawasan. Seperti yang dikatakan pemateri, saat ia meneliti dan harus bolak-balik ke instansi yang saling mengopor tanggungjawab terkait siapa yang akan bertanggung jawab atas kondisi lingkungan dan masyarakat terdampak reklamasi,” terang Intan

Di akhir wawancara, Intan berharap lewat diskusi ini mampu memantik minat baca utamanya mahasiswa Kelautan dan Perikanan.

M116

No comments

LEAVE A COMMENT