Menikmati Perjalanan Mencari Kerja

Setelah menyelesaikan studi, tibalah seseorang melangkah ke dunia kerja. Dunia di mana perjuangan hidup yang sebenarnya baru dimulai. Hanya saja tidak semua beruntung mendapatkan pekerjaan yang tepat sesuai dengan keinginannya. Bagi Anda yang sedang mencari kerja, terutama fresh graduate buku yang ditulis oleh Samuel Ray wajib dibaca.

Lagi Probation, begitulah judul buku Samuel. Dalam buku berjumlah 260 halaman ini, penulis membeberkan cara mencari kerja. Mulai dari hal-hal yang perlu kamu persiapkan sebelum mencari kerja, cara menjual diri melalui CV, tips dan trik saat wawancara, hingga nasehat dan dorongan penulis saat mengalami kegagalan. Buku itu ditulis berdasarkan pengalaman pribadinya sebagai professional Human Resources Development (HRD), di berbagai perusahaan penyedia jasa keuangan di Indonesia.

“Mencari kerja memang gak gampang, tapi gue percaya selalu ada alasan untuk bangkit dan mencoba lagi,” tulis Samuel di halaman 14.

Buku yang diterbitkan pada tahun 2020 tersebut, ditulis dengan bahasa sehari-hari yang mudah dipahami oleh pembaca. Bahkan, dalam buku tersebut penulis dengan sengaja menggaris bawahi nasehatnya serta menyertakan halaman ekstra untuk kesimpulan disetiap chapternya.

Di awal buku, Samuel tidak serta merta membahas proses mencari kerja, melainkan menceritakan sedikit pengalamannya selama menjalani masa “Probation” yang Ia lalui sewaktu kecil. Kemudian mencari caranya untuk melalui semua itu, hingga mendapatkan pesan moral yang didapatkan melalui pengalamannya tersebut, dan menceritakan alasannya untuk mulai mencari pekerjaan.

Bagi Samuel, masa Probation bukan hanya tentang seorang karyawan diuji kualitas pekerjaannya sebelum diterima bekerja, tetapi tentang memberanikan diri mencoba pengalaman baru di tempat yang belum kamu pahami. Melalui buku ini penulis berusaha menjawab setiap pertanyaan-pertanyaan yang akan timbul dibenak sesorang saat mencari kerja, meyakinkan keraguan dan ketakutan atas kegagalan, serta membeberkan hal-hal yang dapat dilakukan untuk menarik mata para recruiter.

Hal menarik dari buku yang diterbitkan oleh PT Grahamedia Pustaka Utama tersebut ialah saat penulis menyelipkan jawaban dari teman-temannya yang kompeten di bidangnya untuk menjawab pertanyaan yang biasanya menjadi sumber kebingungan para calon karyawan. Seperti jawaban yang dilontarkan oleh Ade Mayasari Nasution terkait apakah penampilan seseorang penting saat wawancara? pada halaman 141.

Senior Recruitmen Specialist MAP Active tersebut menjawab bahwa setiap perusahaan punya standar yang berbeda dalam menetapkan kriteria karyawan untuk menduduki posisi tertentu. Tetapi ia juga menekankan bahwa dalam dunia professional, penampilan merupakan faktor penting untuk bekerja.

This is the reality, bagaimana orang memandang dan melihat kita akan berkaitan dengan seberapa besar keinginan mereka untuk bekerja sama dengan kita,” jawab Ade.

Selain itu, penulis menyelipkan contoh-contah kasus yang biasanya terjadi, kemudian mengajak para pembaca berkomunikasi dengan menanyakan pendapat mereka terkait kasus yang ia sertakan. Ia juga menggunkan perumpamaan yang terkesan lucu tetapi tepat sasaran, sehingga para pembaca tidak merasa bosan saat membacanya.

Satu hal yang paling berkesan dari buku ini ialah bagaimana Samuel menggambarkan dirinya yang  optimis, menyakini bahwa kesempatan pasti akan selalu terbuka. Jika mengalami kegagalan dalam proses mencari kerja, jangan berkecil hati, merasa kurang, apalagi kehilangan rasa percaya diri. Coba lagi, karena ada banyak perusahaan lain.

“Ketika gagal, hadapilah sebagai keniscayaan. Semua orang bisa gagal. Lekas maafkan dirimu sendiri dan gunakan kegagalan untuk melangkah maju, sebagai batu loncatan untuk percoban berikutnya,” tulis Samuel di halaman 256.

Hanya saja, karena buku ini sepenuhnya berasal dari pengalaman pribadi Samuel, dan pure dituliskan berdasarkan perspektif pribadinya. Sehingga tak harus mengikuti setiap hal yang tertera dalam buku ini saat mencari kerja. Bisa jadi, tips dan trik yang dipaparkan dalam buku tersebut tidak sepenuhnya cocok dalam perjalanan karier seseorang.

Annur Nadia F. Denanda

Data Buku

Judul : Lagi Probation

Tebal : 260 halaman

Penerbit : PT Grahamedia Pustaka Utama

Tahun Terbit : 2020

Share Post
Written by

wandijanwar@gmail.com

No comments

LEAVE A COMMENT