Follow

Merumuskan Pemahaman, Menemukan Peran Manusia dalam Kebudayaan

Editor: Wandi Janwar | Senin, 13 Juli 2020 - 14:07 Wita | 227 Views
Tangkapan layar

Ikatan Mahasiswa Sastra Daerah Keluarga Mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya Unhas (Imsad KMFIB) menggelar diskusi bertajuk Peran Strategis Manusia dalam Kebudayaan melalui diskusi seri dua via Zoom Minggu, (12/07).

Diskusi yang berlangsung dua jam tersebut, dihadiri 25 peserta yang dipandu Mahasiswa Sastra Daerah, Andi Muhammad Farid Wajadi dan pemateri yang juga merupakan Mahasiswa Sastra Daerah, Firmansyah.

Saat awal pemaparannya, Firmansyah mengatakan untuk mengetahui bagaimana peran manusia dalam kebudayaan, kita harus memahami terlebih dahulu tentang bagaimana keterkaitan antara manusia dan kebudayaan itu sendiri.

“Jika kita bicara soal peran strategis manusia dalam kebudayaan, sejatinya kita harus merumuskan pemahaman terlebih dahulu bagaimana hubungan atau keterkaitan antara manusia dan kebudayaan. Apakah manusia hadir karena budaya atau justru apakah manusia diciptakan karena potensi kebudayaan yang ada dalam kehidupannya,” tegas Firmansyah di awal pemaparannya

Lebih lanjut, mahasiswa Sastra Daerah angkatan 2019 itu juga menyampaikan pentingnya merumuskan pemahaman terhadap kebudayaan agar tidak hanya digeluti secara praktik. “Kita harus membangun konstruksi pikiran secara teoritis dan kritis untuk mengetahui subtansinya agar kebudayaan-kebudayaan kita tdk stagnan secara praktik,” kata Firmansyah.

Mengakhiri materi, ia berharap agar orang-orang saat ini mampu merevitalisasi kebudayaan lokal yang saat ini sudah mulai tenggelam akibat arus modernisasi.

“Kita harus membangkitkan kembali kebudayaan-kebudayaan lokal dengan merevitalisasinya, agar relevan dengan kondisi saat ini. Itu sangat penting karena saat ini sudah banyak kebudayaan-kebudayaan lokal yang sudah mulai tenggelam, akibat arus modernisasi,” pungkasnya.

M116

BACA JUGA