Follow

Miliki Aplikasi Akademik Baru, Unhas Adakan Sosialisasi di FIKP

Editor: Wandi Janwar | Senin, 27 Januari 2020 - 19:08 Wita | 212 Views
identitas/Risman

Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan (FIKP) Universitas Hasanuddin menyelenggarakan Sosialisasi Aplikasi Akademik, NeoSIA, dan Sikola di Ruang Sidang FIKP lantai 2, Senin (27/1). Sosialisasi yang dimulai pada pukul 08.00 Wita ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada para dosen maupun mahasiswa mengenai aplikasi akademik.

“Pelatihan ini dilakukan agar para mahasiswa dan dosen paham tentang aplikasi ini. Kan mereka yang menggunakan, apabila mereka tidak paham maka penggunaannya tidak akan maksimal.” jelas Wakil Dekan I FIKP, Prof Dr Ir Rohani Ambo Rappe MSi.

Pada sesi pertama, sosialisasi ini diisi dengan program baru  Sistem Kelola Pembelajaran (Sikola), yang perlahan mulai menggeser LMS yang dulunya sering digunakan. Dalam pelaksanaannya, para peserta diberikan pemahaman mengenai latar belakang diperbaruinya, tata cara penggunaan, hingga masalah-masalah yang terjadi dalam penggunaan Sikola tersebut.

Dr Yusring Sanusi B SS M App Ling sebagai tim pengembangan Sikola mengatakan, pembaruan ini dilakukan, karena server E-Learning LMS yang dulu digunakan kesulitan apabila diakses banyak pengguna secara bersamaan.

Dengan adanya Sikola ini, diharapkan dapat digunakan dengan maksimal dan menunjang dalam kuliah perdana semester genap tahun ajaran 2019/2020. Selain menggunakan sistem yang lebih baru, banyak pula fitur baru yang dikembangkan, seperti Video Konfrensi yang menjadi program andalan, fitur video tutorial, serta fitur untuk memindahkan data dari LMS ke Sikola.

Para peserta sosialisasi pun sangat antusias. Puluhan dosen dan mahasiswa aktif bertanya jika mendapati masalah pada aplikasi Sikola.

“Saya berharap setelah sosialisasi ini, materi-materi pengajaran dapat tertata dengan rapi, sehingga keterampilan dan pemahaman mahasiswa dapat lebih merata, ” tutup Yusring.

M001

BACA JUGA