Follow

MSDC Unhas Gelar Talkshow Hasil Ekspedisi Walrus Abu-Abu

Editor: Khintan | Selasa, 15 Mei 2018 - 17:37 Wita | 162 Views
Mahasiswa Marine Science Diving Club, Universitas Hasanuddin menggelar Talkshow di Ruang Sidang Lt.2 FIKP Unhas, Selasa (15/5). Foto: Andi Suci/identitas

Marine Science Diving Club, Universitas Hasanuddin (MSDC Unhas) menggelar Talkshow di Ruang Sidang Lt.2 FIKP Unhas, Selasa (15/5). Kegiatan yang mengangkat tema “Eksplorasi Pesona Alam Pulau Kakabia” ini merupakan Ekspedisi Walrus Abu-Abu.

Ketua Panitia, Yandi Wirawandi mengatakan data hasil ekspedsi walrus abu-abu tersebut bisa menjadi referensi sehingga kita dapat menjaga alam tidak hanya untuk kepentingan sepihak. Selanjutnya, Acara tersebut dibuka oleh Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr Ir Muh Farid Samawi, MSi.

“Potensi Pulau Kakabia sangat besar,  selain dapat dijadikan tempat wisata dapat dijadikan pula sebagai tempat perlindungan. Lalu, hasil ekspedisi yang tertuang pada laporan dapat disampaikan pada khalayak, pemerintah daerah atau siapapun yang terkait dengan Pulau Kakabia dalam pemanfaatan potensi pulau tersebut,”kata Farid.

Pemateri yang hadir dalam talkshow tersebut ialah Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Prov Sulawesi Selatan, Ir Sulkaf S Latief MM, dan Perwakilan Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (BPSPL) Makassar. Sebelum talkshow dimulai, Tim Bagian Laut dan Tim Bagian Darat melakukan presentasi terlebih dahulu.

“Metode monitoring untuk karang dilakukan dengan Metode Point Intercept Transect (PIT) dan monitoring ikan dengan metode Underwater Visual Census (UVC). Penggunaan alat tidak ramah lingkungan seperti bom dan penggunaan sianida turut menjadi faktor yang mempengaruhi keadaan karang di pulau Kakabia,”jelas Koordinator Tim Bagian Laut, Kasman.

M07

BACA JUGA