Follow

Mulai Menua, Pohon di Unhas Rawan Tumbang

Editor: Arisal | Kamis, 23 Januari 2020 - 12:48 Wita | 116 Views
Memotong dahan pohon dengan gergaji mesin

Hujan lebat dibarengi angin kencang kian mengintai kota Makassar beberapa pekan ini. Wilayah Unhas termasuk lokasi yang rawan akan pohon tumbang. Pengguna jalan mesti lebih berhati-hati, jika melintas di sepanjang area kampus Unhas Tamalanrea yang kondisi jalannya ‘dikepung’ pepohonan besar yang menjulang tinggi.

Tidak hanya itu, jika hujan lebat semakin menjadi-jadi, pohon besar yang ada di deretan jalan bisa saja tumbang sehingga ditakutkan dapat merusak apa saja yang ditimpanya dan bisa menimbulkan korban jiwa.

Pohon tumbang di samping parkiran Fakultas Kedokteran

Seperti yang terjadi di parkiran mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Pohon rebah mengenai sejumlah kendaraan yang sedang terparkir. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

Pohon tumbang di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

 

Ranting pohon menimpa kendaraan yang terparkir

Dari sejumlah kendaraan sepeda motor yang terparkir, lima diantaranya rusak parah ditimpah pohon. Berdasarkan pantauan identitas, tiga pekan ini sudah tujuh pohon yang tumbang di Unhas.

Melihat kondisi tersebut, Dosen Ekologi Kehutanan, Fakultas Kehutanan Unhas, Prof Dr Ir Ngakan Putu Oka M Sc turut memberikan komentarnya. Ia membenarkan tentang kondisi fisik pohon di Unhas yang usianya rata-rata tergolong tua dan tidak terawat, utamanya pohon di bagian Sekolah Pascasarjana.

Mahasiswa mengevakuasi kendaraan yang tertimpa pohon

“Banyak pohon di Unhas yang tidak sehat lagi dan sudah banyak yang tua. Itu sangat berbahaya sekali, apalagi jenis pohon ini rata-rata memiliki batang besar serta rantingnya yang mudah patah,” ujar Ngakan Putu Oka, Rabu (27/11/2019).

Foto dan Naskah : Santi Kartini

BACA JUGA