Follow

Overthingking? 5 Hal Berikut Patut Kamu Coba untuk Mengatasinya!

Editor: Urwatul Wutsqaa | Kamis, 12 Desember 2019 - 10:00 Wita | 229 Views
Istimewa

Mahasiswa  tentunya selalu disibukkan dengan berbagai kegiatan, baik itu tugas kuliah, asistensi, maupun seabrek kegiatan di organisasi kemahasiswaan dan UKM.

Tidak ada larangan untuk berkegiatan, malah dianjurkan sepanjang itu bermanfaat dan menunjang keterampilan kita. Hanya saja, mengikuti semua itu menjadi “Mahasiswa Super Sibuk” tanpa disadari.

Yup benar, seringkali hal-hal tersebut membuat kita jadi sering stres dan lebih jauh lagi kita menjadi super sensitive yang ujung-ujungnya malah jadi overthinking.

Overthingking merupakan sebuah kebiasaan memikirkan hal-hal yang belum tentu bermanfaat. Biasanya orang akan mengalaminya ketika dihadapkan pada keaadan untuk mengambil suatu keputusan yang besar.

Sebenarnya sih, berpikir itu baik namun kalau sudah sampai overthinking, jelas hal tersebut sangat tidak baik dan perlu dihindari sobat. Tapi tenang saja sobat, di sini akan disajikan beberapa tips yang bisa kamu terapkan dan dijamin ampuh untuk mengatasi overthinking yang berlebihan. Apa aja ya, yuk simak tips berikut ini.

1.Diam sejenak dan cari akar masalahnya

Foto : bertitgar.id

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menghentikan sejenak semua aktivitasmu dan mulai merenungi apa sebenarnya inti dari semua permasalahan yang tengah kamu hadapi. Dengan begitu kamu dapat berekonsiliasi dengan pikiran dan tentunya perasaanmu sendiri.

Apakah ada kira-kira hal yang mengganggumu, apakah hal itu berkaitan dengan tugas kuliah atau hal-hal pribadi antara kamu dengan orang terdekatmu. Coba pikirkan kembali, dan coba pisahkan mana hal yang menurutmu penting dan mana yang kurang penting untuk dipikirkan. Dengan begitu, dijamin akan membantumu mengurangi beban pikiranmu.

2. Carilah teman curhat dan utarakan keluh kesahmu

Foto : kupang.tribunnews.com

Dilansir dari FIMELA.com faktanya, berbicara dengan seseorang dapat membantu kamu meringankan beban dan mengurangi stres. “Manusia adalah makhluk sosial, sehingga berbicara dengan orang lain dapat menjadi sumber dukungan dan bantuan. Kamu tidak akan pernah tahu hasilnya sebelum mencoba,” ujar Dr David Spiegel, MD, Ketua Psikiatri dan Ilmu Perilaku di Stanford University, seperti dilansir Huffingtonpost.com.

Jadi hanya dengan memberitahukan masalahmu kepada orang-orang terdekatmu, maka beban pikiran serta perasaanmu akan menjadi lebih ringan dan tenang. So, jangan sungkan untuk curhat, ya guys.

3. Pergilah berlibur atau lakukan hal yang kamu sukai

Foto : markobar.com

Seperti berolahraga, bermain game, atau traveling mungkin bisa menjadi salah satu alternatif buat kamu sobat.

Coba lakukan hal-hal yang menurutmu asyik dan tentunya kamu sukai. Pergilah untuk menjernihkan pikiranmu dan coba lepaskan sejenak beban-beban pikiran kalian. Dijamin pikiran kamu bakal kembali rileks.

4. Coba tuliskan apa saja hal-hal penting

Foto : liputan6.com

Dengan menuliskan hal-hal penting, maka kamu secara tidak langsung akan mereduksi hal-hal yang kurang penting dan menyingkirkannya. Sehinngga membuat kamu lebih fokus hanya pada hal-hal penting.

5. Memperbanyak bersyukur dan tersenyum

Foto : liputan6.com

Ada pepatah mengatakan kunci kebahagiaan terletak pada seberapa banyak kita bersyukur. Maka, marilah kita untuk terus bersyukur dan yakinlah bahwa setiap permasalahan pasti ada solusinya. Sehingga, pikiran kita akan selalu dipenuhi oleh hal-hal positif yang akan membuat kita tenang.

Dan yang terpenting adalah menularkannya ke orang-orang di sekitar kita. Dengan apa ya? Yup, benar hanya dengan tersenyum. Karena dengan tersenyum kita telah mengeluarkan energi-energi positif yang tidak hanya kita sendiri yang merasakannya namun juga orang di sekitar kita. So, keep smile and stay positive guys!

Nah itulah beberapa tips-tips menghadapi Overthinking yang menjadi momok bagi kita semua, guys. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk selalu mantengin website kami, karena kami punya berbagai tips keren yang pastinya sayang banget untuk lewatkan. See you all and have a nice day!

BACA JUGA