Follow

P2KKN Unhas Proyeksikan KKN Daring yang Fokus Menangani Covid-19

Editor: Santi Kartini | Rabu, 15 April 2020 - 20:55 Wita | 1616 Views
Dokumentasi Pribadi

Pendaftaran Kuliah Kerja Nyata (KKN) gelombang 104 tahun 2020 Universitas Hasanuddin (Unhas) diperpanjang hingga Kamis, (30/4). Kepala Pusat Pengembangan Kuliah Kerja Nyata (P2KKN) Unhas, Muhammad Kurnia M Sc Ph D mengucapkan, hal tersebut disesuaikan dengan keadaan pandemi Covid-19 yang tak kunjung usai.

“Karena kasus Covid-19 kita perpanjang sampai 30 April 2020. Surat terkait perpanjangan akan segera disampaikan ke fakultas-fakultas,” ucap Kurnia.

Selain terjadi perubahan jadwal Kurnia juga menjelaskan, pelaksanaan KKN mulai dari pendaftaran sampai dengan penarikan mahasiswa akan dilakukan secara dalam jaringan (daring). Namun, kebijakan ini masih menunggu persetujuan dari Wakil Rektor Bidang Akademik Unhas.

“KKN daring, proses seluruh tahapan akan berlangsung secara daring, ini kemudian akan diusulkan ke WR1 selaku penanggung jawab bidang akademik Unhas,” katanya, Selasa (14/4).

Adapun gambaran teknis pelaksanaan KKN daring akan dilakukan dari kampung halaman masing-masing mahasiswa, dengan bimbingan Dosen Pengampu KKN (DPK) atau Supervisor yang ditentukan oleh PN2KKN. Sementara untuk program kerja, mahasiswa melakukan sosialisai dan edukasi terkait penanganan dan pencegahan pandemi Covid-19.

“Program-program KKN tentang bagaimana memberikan edukasi dan sosialisasi, bagaimana membantu atau memfasilitasi program bantuan ke masyarakat dan bagaimana menghasilkan dokumen pemetaan Orang dalam Pantauan (ODP) atau Pasiean dalam Pengawasan (PDP) Covid-19. Juga memberikan edukasi ke masyarakat, bahwa orang yang sudah sembuh Covid-19 tetap harus diterima secara sosial di masyarakat,” pungkas Kurnia, Selasa (14/4).

Hingga saat ini, ada enam fakultas yang memberikan 1.221 mahasiswa yang telah terdaftar untuk mengikuti KKN Unhas gelombang 104 tahun 2020.

Syahrir Muliawan

BACA JUGA