Follow

Pakar Amerika Presentasikan Nelayan Banggai di FIKP Unhas

Editor: Wandi Janwar | Selasa, 13 Agustus 2019 - 20:03 Wita | 32 Views
Dokumentasi Pribadi

Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan Universitas Hasanuddin (FIKP Unhas) menyelenggarakan kuliah umum yang membahas terkait manusia dan Sumber Daya Kelautan. Kuliah umum tersebut menghadirkan Shannon Switzer Swanson, BSC BA MEM dari Amerika Serikat. Kegiatan ini berlangsung pada pukul 14.30 Wita di Ruang Senat FIKP, Kampus Tamalanrea Unhas, Selasa (13/08).

Kegiatan ini mengambil tema utama “Waktu Adalah Uang: Motivator Praktik Penangkapan Ikan Yang Merusak dan Respons Manajemen di Bojan Kepulauan, Distrik Banggai Laut Indonesia”.

Shannon sebagai pemateri memfokuskan penjelasannya terkait penelitian yang dilakukan kepada masyarakat nelayan yang berada di Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah. Hasil Penelitian awal yang dilakukan menunjukkan bahwa masyarakat nelayan, terutama nelayan ikan hias di Kabupaten Banggai sebagian besar menggunakan potas dalam menangkap ikan hias.

Prof Jamaluddin Jompa PhD selaku Dekan Pasca Sarjana yang menghadiri kuliah umum tersebut memberikan tanggapan terkait hasil penelitian yang dipaparkan oleh Shannon. Menurutnya, hasil penelitian yang dilakukan oleh pemateri bisa menjadi salah satu rujukan bahan ajar di masa yang akan datang.

“Ini kita bisa jadikan contoh, Shannon melakukan penelitian hampir satu tahun dan menetap di lokasi penelitian. Metode seperti ini perlu kita adopsi agar penelitian yang kita lakukan benar-benar mendapatkan hasil maksimal,” jelas Jamaluddin dalam rilis yang diterima identitas.

Dalam pelaksanaannya, acara ini diikuti sekitar 20 orang peserta dan berakhir pada pukul 15.30 Wita.

Wandi Janwar

BACA JUGA