Follow

Pakar Kesehatan Gigi dari Amerika Beri Kuliah Umum di Unhas

Editor: Wandi Janwar | Selasa, 20 Agustus 2019 - 22:27 Wita | 74 Views
Dokumentasi Pribadi

Universitas Hasanuddin (Unhas) melalui Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) menyelenggarakan Kuliah Tamu yang merupakan bagian dari kerjasama DIASPORA Sumber Daya Iptek dan Dikti serta University Of Illinois at Chicago (UIC).

Kegiatan yang membahas mengenai “Current Update in Dentistry Field in United State of America” ini, berlangsung pada pukul 10.00 Wita di Ruang Molar FKG, Selasa (20/08).

Kuliah Tamu tersebut menghadirkan Dr Cartino Sukotjo DDS PhD MMSc, yang merupakan Associate  Professor bidang Kedokteran Gigi di Universitas Illinois Chicago, Amerika Serikat.

Cartino merupakan alumni Universitas Padjadjaran yang melanjutkan studi di University of California Los Angeles (UCLA) dalam bidang Oral Biology, dan Harvard School of Dental Medicine dalam bidang Prosthodontics.

Pada tahun 2005-2008, Cartino menjadi peneliti dan dosen di Harvard School of Dental Medicine.  Sejak tahun itu, beliau menjadi Associate Professor di University Illinois Chicago.

Hingga saat ini, ia sedang menempuh pendidikan Master Pendidikan Profesional Kesehatan (MHPE) di Departemen Pendidikan Kedokteran, Fakultas Kedokteran, UIC. Beliau juga merupakan seorang Diplomate dari American Board Certified Prosthodontics, fellow pada American College of Prosthodontists (ACP), fellow pada Asosiasi dari Akademi Prostodontik, anggota Pusat Kebijakan Komite Penelitian, dan Analisis Pendidikan ADEA, Yayasan ADEA / William J. Gies.

Kuliah Tamu itu diawali dengan pengantar oleh Wakil Dekan Bidang Akademik, Riset dan Inovasi FKG, Prof Dr drg Edy Machmud. Dalam rilis yang diterima, beliau berharap kegiatan ini bisa memberikan gambaran kepada peserta terkait perkembangan industri 4.0 dalam bidang kedokteran, khususnya kedokteran Gigi.

Saat menyapaikan materinya, Cartino membuka kuliah dengan menceritakan pengalaman penelitian yang telah dilakukan, perkembangan Digital Dentistry di kampus tempatnya mengajar, serta menjelaskan bagaimana cara berkolaborasi dengan kampus lain. Beliau sangat antusias memberikan kuliah, karena jumlah peserta yang hadir di luar ekspektasi yang dibayangkan.

“Hari ini kita akan bahas terkait perkembangan kedokteran gigi di Amerika. Sebagai salah satu gambaran terkait perkembangan teknologi yang digunakan dalam ilmu kedokteran gigi. Saya suprprise dengan banyaknya peserta yang hadir.  Sepertinya kalian sangat tertarik, semoga bisa terinspirasi dengan riset yang saya lakukan,” jelasnya.

Dekan FKG Unhas, drg Muhammad Ruslin MKes PhD SpBM(K) menjelaskan, tujuan kuliah tamu kali ini pada dasarnya sebagai sarana menjalin kolaborasi riset, serta mengetahui cara yang dapat digunakan dalam menjalin sebuah kolaborasi dengan kampus lain.

“Selain kuliah, pada kegiatan ini ada penjelasan terkait jalan kolaborasi yang bisa dilakukan seperti yang dijelaskan tadi oleh Dr Cartino. Ada Graduate Student Supervisor, Mentorship, Research Grants baik yang bersumber Dikti, Externship Student, Webinar, maupun visiting professor,” katanya.

Wandi Janwar

BACA JUGA