Follow

Papan Partikel Millenial, Sang Penyerap Polusi Udara

Editor: Wandi Janwar | Senin, 17 Juni 2019 - 22:05 Wita | 320 Views
Dokumentasi Pribadi

Permasalahan lingkungan, khususnya pencemaran udara begitu menghawatirkan. Seiring kemajuan teknologi membuat polusi udara saling berekasi dan menghasilkan polusi baru yang lebih beracun. Saat ini dunia telah marak memperbincangkan polusi dalam ruangan.

Sumber utama polusi tersebut adalah AC, asap rokok, pengharum ruangan, dan pengharum lantai. Bahkan meubel juga termasuk salah satu sumber polusi ruangan karena mengandung perekat sintesis yang mengancam kesehatan.

Melihat masalah ini, mahasiswa Fakultas Kehutanan dan Fakultas Farmasi berkolabirasi membuat papan partikel yang mampu menyerap polusi. Memang belakangan ini inovasi papan partikel telah banyak dikembangkan.

Baik dari segi bahan baku yang telah disubtitusi atau digantikan secara full. Selain bahan baku, inovasi perekat alami juga sudah banyak dikembangkan. Papan partikel merupakan papan komposit yang banyak dimanfaatkan untuk jadi bahan baku meubel.

Inovasi papan partikel yang dibuat oleh Ainun Ade Putri K, Miftahul Jannah, dan Bulkis ini, dicampurkan ekstrak lidah mertua yang dihasilkan melalui metode maserasi.

Selain itu, produk ini juga memiliki keunggulan lain, misalnya tidak menggunakan perekat (Binderless Particle Board), sehingga tidak ada emisi gas yang dihasilkan.

“Penelitian ini dilakukan bukan hanya sekedar untuk berkompetisi namun memang kami sangat prihatin atas pencemaran udara,” ujar Ainun sapaan akrabnya.

Lebih lanjut Ainun berharap, produk yang mereka ciptakan dapat dikomersialisasikan ke masyarakat.

“Adanya TSRA 2018 ini menjadi wadah bagi kami untuk melakukan sebuah inovasi sekaligus penelitian terapan, yang bisa saja suatu saat nanti dikomersialkan oleh industri. Sangat besar harapan kami pada produk ini” tutupnya.

Citizen Reporter

BACA JUGA