Follow

Pemandangan Kontradiktif  di Baruga Unhas

Editor: Wandi Janwar | Rabu, 04 September 2019 - 02:41 Wita | 48 Views
Foto: Intan/identitas

Universitas Hasanuddin (Unhas) kembali menggelar Wisuda untuk program Sarjana, Magister, dan Doktor Periode I Tahun Akademik 2019/2020. Acara ini berlangsung di Gedung Baruga A.P Pettarani Unhas, Rabu (04/09).

Dalam pelaksanaanya, kegiatan itu dibuka secara resmi oleh Rektor Unhas, Prof Dr Dwia Aries Tina Palubuhu MA. Turut hadir para Wakil Rektor, Anggota Senat Akademik, Majelis Wali Amanat, dan para Dekan fakultas selingkup Unhas.

Terkait acara tersebut, ribuan orang telah memadati pelataran baruga di pagi hari untuk menghadiri prosesi penamatan mereka. Berbeda dari tahun sebelumnya, format acara wisuda kali ini memakai dua sesi dalam satu hari, sehingga jumlah wisudawan dan keluarga yang mengantar sangat banyak.

Banyaknya orang yang akan hadir pada acara Wisuda dapat menjadi ladang pasar bagi pengusaha sekitar. Agar acara Wisuda dapat berjalan dengan lancar,  pihak rektorat pun telah mengantisipasi hal tersebut dengan memasang spanduk “Dilarang Menjual di Area Gedung A.P Pettarani Unhas”.

Tak hanya itu, Unhas juga meluncurkan 30 Satpam dalam penertiban tersebut. Seperti yang diungkapkan Mansyur SSos sebagai Penangung jawab keamanan sekaligus Kepala Satpam Unhas.

Spanduk yang terpasang ada dua buah, yang pertama terletak di dekat pintu masuk baruga, sedangkan yang kedua berjarak kurang lebih 50 meter dari tangga naik ke gedung MKU. Meski demikian, tetap terlihat para pedagang di sepanjang jalan di depan baruga. Bahkan, pedagang pun mendirikan stand di parkiran baruga.

“Petunjuk dari rektorat sebenarnya tidak bisa (menjual di baruga). Tapi, bagaimanapun juga penjual pasti datang makanya agar penjual yang datang tetap teratur dan tidak berlebih, maka dibuatkanlah tempat khusus,” jelas Mansyur.

Lebih lanjut Mansyur mengungkapkan, mereka (para satpam) memang kewalahan, terutama saat dua sesi bertemu karena penjual yang datang naik sampai ke atas pelataran baruga dan MKU.

M14

BACA JUGA