Permata FT Unhas Asa Kemampuan di Bidang Karya Tulis Ilmiah

Badan Eksekutif Persatuan Mahasiswa Tambang Fakultas Teknik (Permata FT) Unhas, menggelar Training of Improving Academic Quality and Knowledge of Mining Engineering Students (TRACKING), yang bertujuan menumbuh kembangkan peran mahasiswa Teknik Pertambangan dalam berkarya. Pemberian materi dibawakan, Sitti Syuhada Dwi Arista, Jumat (10/07).

Ketua Academic Research and Technology Development Permata FT Unhas, Yubelium Andrew Patila mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan atas tingginya minat mahasiswa Teknik Pertambangan untuk berkompetisi di bidang karya tulis ilmiah sedangkan dasar pengetahuan kepenulisan belum memadai.

“Kami dari Permata FT-UH berupaya mengatasi problema tersebut dengan memberi wadah menggali ilmu. Kegiatan ini terdiri dari 5 pokok dasar yaitu proposal, esai, paper, literature review dan sitasi ilmiah,” kata Yubelium Andrew.

Saat diskusi berlangsung, pemateri menjelaskan poin penting literatur review, meliputi tujuan literature review, dan pentingnya mencantumkan sumber data. Adapun poin penting yang harus dipahami dalam diskusi ini kata Sitti Syuhada adalah literatur review yang merupakan kegiatan membaca dan evaluasi data/bacaan.

“Tujuan literatur review yaitu mengidentifikasi masalah dan pegembangan pemikiran/karya, menghindari plagiarisme, mencari pendukung/ dasar teoritis terhadap penelitian, sumber data berupa karya-karya ilmiah yang dapat dipertanggungjawabkan,” jelasnya.

Pemateri pun menjelaskan pentingnya sitasi Ilmiah yang bertujuan mengukur kekuatan dan validitas materi. Selain itu ada beberapa jenis sitasi ilmiah disebutkan pemateri yaitu paraphrasing, quotations dan summarizing, juga ada dua gaya sitasi yang umum digunakan, yaitu harvard dan vancouver.

Lebih lanjut, ia pun memberi tips penyusunan literature review yang baik, agar menghasilkan karya yang ilmiah dan bermutu.

“Ada beberapa tips yang bisa kita lakukan dalam menyusun litarature review, diantaranya kita harus mengumpulkan literatur dengan metode dan topik, membaca bagian-bagian terpenting yang dapat menguatkan argumen terhadap topik, menemukan celah atau informasi mengenai perbedaan literatur-literatur dalam penggunaan metode, serta menentukan topik dalam mencari literatur yang akan di sitasi dengan memperhatikan perbedaan pada objek penelitian dan penggunaan metode,” pungkasnya Sitti Syuhada.

M116

No comments

LEAVE A COMMENT