Follow

PK identitas Unhas Hadirkan Dewan Pers di PJTLN 2019

Editor: Fitri Ramadhani | Sabtu, 26 Oktober 2019 - 10:55 Wita | 40 Views
Santika/Identitas

Penerbitan Kampus identitas Unhas (PK identitas) kembali menggelar Pelatihan Jurnalistik Tingkat Lanjut Nasional (PJTLN) di BP PAUD Dikmas Makassar, Sabtu (26/10).

Kegiatan ini berlangsung sejak Kamis (24/10). Adapun materi yang dibawakan di hari ketiga ini, yakni peran dan kedudukan pers kampus. Materi ini dibawakan oleh anggota dewan pers, Asep Setiawan dan dimoderatori oleh salah satu senior identitas, Dahlan Abu Bakar.

Penyerahan Plakat

Asep, begitu kerap disapa, mengatakan pers kampus adalah bagian dari aktivitas di kampus sehingga tata kelola dan tata aturannya berada di bawah universitas. “Kegiatan jurnalistik pers kampus bagian dari kehidupan di kampus yang lengket kepada regulasi universitas,” papar Asep.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa salah satu fungsi pers, yakni menyampaikan informasi, edukasi, hiburan dan kontrol sosial, dapat dipraktekkan di pers kampus sesuai dengan tata aturan di kampus. “Fungsi kontrol sosial di kampus terikat kepada prinsip umum jurnalistik yang berbasiskan kepada fakta, akurasi dan keseimbangan,” imbuhnya.

Selain itu, ia menyampaikan bahwa pers kampus adalah ajang pelatihan, ajang pembentukan dan wadah mencari pengalaman.“Kalau di kampus belum profesional, Anda akan mendapatkan pengetahuan dan pengalaman di kampus sebelum Anda terjun ke dunia profesional,” ujarnya.

M18

BACA JUGA