Privasi 2020, Ajang Tumbuhkan Minat dan Bakat Menulis Mahasiswa FIKP

Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan (FIKP) Universitas Hasanuddin menyelenggarakan Pekan Kreativitas dan Inovasi FIKP-UH 2020 (Privasi 2020) dengan tema “Mewujudkan Kelautan dan Perikanan Berbasis Ekonomi Biru”.

Kegiatan yang baru pertama kali dilaksanakan ini  merupakan kompetisi di bidang kemaritiman dan pesisir, yang berujuan untuk mewadahi gagasan serta inovasi generasi muda. Ajang ini terbuka bagi mahasiswa aktif FIKP angkatan 2018-2020.

Kompetisi yang pendaftarannya sudah dibuka sejak 18 Oktober hingga 1 November ini terdiri dari dua tangkai lomba. Di antaranya, Lomba Proposal PKM Lima Bidang dan Lomba Poster PKM yang terdiri dari fokus bidang penelitian, teknologi, karsa cipta, pengabdian masyarakat, dan kewirausahaan.

Peserta terdiri dari tiga orang yang merupakan mahasiswa dari lima program studi FIKP, yaitu Ilmu Kelautan, Manajemen Sumberdaya Perairan (MSP), Budidaya Perairan (BDP), Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan (PSP), dan Sosial Ekonomi Perikanan.

Kegiatan ini diusulkan oleh dua mahasiswa Ilmu Kelautan angkatan 2017, Muhammad Faizal bersama seorang rekannya ke pada pihak fakultas dan mendapatkan respon yang baik.

“Saya merasa, kenapa banyak mahasiswa khusunya FIKP yang tidak mau ikut ajang kepenulisan. Menurut saya mungkin karena kurang apresiasi, seperti hadiah. Jadi kami di sini awalnya akan memancing dengan memberikan hadiah, biar nanti lama-kelamaan akan sadar sendiri kalau menulis itu penting,” ungkap Faizal, yang juga merupakan Mawapres Unhas 2020 dari FIKP.

Setiap tim nantinya akan didampingi oleh satu dosen pembimbing yang dipilih masing-masing. Namun, beberapa tim juga diperbolehkan meminta saran ke panitia jika bingung memilih dosen pembimbing.

Finalis lomba nantinya akan diumumkan pada 4 November 2020, kemudian presentasi proposal akan dilangsungkan pada 7 November 2020. Agenda lalu dilanjutkan dengan seminar dan pengumuman juara pada 8 November 2020 mendatang. Kegiatan ini sendiri nantinya masih tetap diusahakan untuk dilaksanakan secara luring.

 “Diharapkan dari kegiatan ini mahasiswa bisa menumbuhkan minat dalam dunia kepenulisan dan makin banyak perwakilan mahasiswa ke ajang Pimnas (Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional), khususnya FIKP,” tutup Faisal

M113

BACA JUGA : KMP PSP Kemapi Unhas Siap Gelar Lima Kegiatan dalam Satu Rangkaian

No comments

LEAVE A COMMENT