Follow

Prof Ambo Tuwo Jadi Konsul Kehormatan Prancis

Editor: Khintan | Jumat, 11 Januari 2019 - 16:23 Wita | 228 Views
Foto: Humas Unhas

Salah satu doesen Unhas, Prof Dr Ir Ambo Tuwo, DEA mendapatkan kepercayaan dari negara Prancis sebagai Konsul Kehormatan di Indonesia. Direktur Komunikasi Unhas, Suharman Hamzah, Ph D mengatakan, Unhas menerima tembusan surat undangan penyerahan Surat Pengakuan (exequatur) Prof Ambo Tuwo sebagai konsul kehormatan.

“Iya, Prof Ambo Tuwo, staf pengajar Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan, dipercaya oleh Pemerintah Prancis sebagai Konsul Kehormatan di Indonesia,”kata Suharman,  Jumat, (11/1).

Guru Besar kelahiran Makassar 56 tahun silam itu memang pernah menghabiskan waktu sekitar enam tahun di negara yang baru saja menjuarai Piala Dunia terakhir ini. Dia menyelesaikan pendidikan S2 di Universite de Bretagne Occicentale, Brest Prancis bidang Manajemen Sumberdaya Pesisir tahun 1990. Kemudian, ia melanjutkan pendidikan doktor di universitas yang sama di bidang Biologi Oseanografy tahun 1993. Suami dari Prof Joeharnani Tresnati ini menyandang gelar professor di bidang Ekologi Laut di usia yang terbilang sangat muda, 38 tahun.

“Hari ini, Prof Ambo Tuwo, menerima exequatur atas penunjukkan sebagai Konsul Kehormatan bersama tiga orang lainnya dengan negara yang berbeda dari Kementerian Luar Negeri Inonesia. Exequatur ini diserahkan langsung oleh Dirjen Protokoler dan Konsuler Kemenlu, Andri Hadi di Kantor Kemenlu, Pejambon, Jakarta,” jelas Suharman.

Penyerahan exequatur tersebut dihadiri Arrmanatha Nasir, Duta Besar Republik Indonesia untuk Prancis, Marie-Noelle Duris, Konsuler pada Kedutaan Besar Republik Prancis di Jakarta, dan Prof Dr Ir Joeharnani Tresnati, DEA, istri Konsul Kehormatan.

Rektor Unhas menyampaikan selamat kepada Prof Ambo Tuwo atas kepercayaan penting tersebut. Prof Dwia yakin dengan bekal pengalaman dan jejaring yang dimiliki, Prof Ambo Tuwo akan sukses mengemban amanah mulia itu.

“Semoga dengan kepercayaan ini, Unhas juga akan semakin dikenal dan mengangkat reputasi Unhas di Prancis secara khusus maupun secara umum di kancah global,”pungkasnya.

Reporter: Khintan

BACA JUGA