Follow

Renovasi Gedung PKM 1 Unhas Bakal Habiskan Dana Rp 2,7 Miliar

Editor: Sri Hadriana | Selasa, 17 Juli 2018 - 22:13 Wita | 323 Views
Para pekerja tampak sedang merenovasi Gedung PKM 1 Unhas. Foto: identitas/Arisal

Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) 1 Unhas tampak sudah usang. Walau masih berdiri kokoh, namun cat dindingnya sudah mulai pudar. Pemisah antara sekretariat pun hanya berbahan tripleks.

Baru-baru ini, bangunan itu sudah tampak sepi. Sudah tidak ada lagi aktivitas mahasiswa berlatih bela diri, tenis meja, atau hanya bercengkerama antara mereka. Nyatanya, sekretariat Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang terletak di PKM 1 sementara dipindahkan ke gedung Teknik Arsitektur Unhas. Lantaran, Unhas akan merenovasi gedung itu.

Kepala Biro Umum Unhas, Ir Andi Darwin mengatakan, renovasi gedung PKM 1 mulai direncanakan sejak zaman rektor sebelas Unhas, Prof Dr dr Idrus A Paturusi Sp BO.

“Dulu mungkin kendala di persoalan anggaran dan baru sekarang kita bisa realisasikan,” kata Darwin.

Lebih lanjut, Darwin mengungkapkan, Unhas menyiapkan dana perbaikan gedung PKM 1 ini sebesar Rp2.759.900.000. Dana itu berasal dari Bantuan Pendanaan Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (BP PTN-BH).

Desain Lantai Satu

Dari segi desain tidak ada perubahan. PT Tiga Bintang Griasarana yang memenangkan tender untuk renovasi gedung PKM 1 Unhas akan merenovasi dua lantai dan 18 ruangan UKM.

“Hanya atap dan bagian luar saja yang akan diperbaiki. Selain itu, lantainya akan diganti semua,” ucap Darwin.

Desain Lantai 2

Mengetahui tak akan banyak perubahan pasca renovasi, beberapa anggota UKM mengeluh. Terutama soal jumlah ruangan yang hanya 18 ruangan. Padahal, sebelum direnovasi, jumlah UKM yang ada di PKM 1 ialah 20.

Menurut, koordinator Forbes, Ajeng Pratiwi, keresahan ini sudah disampaikan dengan pihak birokrasi.

“Dalam menyikapi permasalahan ini, Forbes telah beberapa kali mengadakan pertemuan dengan pihak birokrasi untuk menyampaikan aspirasi warga PKM,” jelasnya.

Selain itu, para anggota UKM mengeluh dengan tempat sekretariat dan latihan mereka sekarang yang berada di bekas Fakultas Teknik. Salah satunya soal sumber air yang sering bermasalah.

“Yang kadang masih bermasalah itu airnya, kadang tidak mengalir. Karena pusat kontrolnya itu dibangunan sebelah, Fakultas Teknik,” keluh Ajeng.

Setali tiga uang, Ketua Umum UKM Taekwondo Unhas, A Anugrah Nurmy Attahmid merasakan hal yang sama. Sejak gedung direnovasi, mereka latihan di GOR Unhas, namun izinnya terbatas. Adapun, UKM olahraga, akuinya, biasa menyewa fasilitas umum di luar Unhas.

Lebih lanjut, mahasiswa  angkatan 2015 ini juga mengungkapkan, selama masa pemindahan sekretariat UKM, beberapa di antara mereka tidak melakukan aktivitas olahraga seperti biasanya. Misalnya, UKM Tenis Meja.

Kini, kegiatan renovasi gedung tersebut sudah mulai terlihat. Tampak beberapa orang pekerja merubuhkan tangga dan dinding bangunan. Selain itu, sekitaran PKM juga mulai diperbaiki. Semoga renovasi segera selesai. Sehingga, kegiatan UKM dapat berjalan seperti biasa.

Reporter : Wandi Janwar

BACA JUGA