Follow

Satu Dekade Portal Lama dan Hadirnya Neosia

Editor: Wandi Janwar | Sabtu, 18 Januari 2020 - 09:33 Wita | 1185 Views
identitas/Santi Kartini

Semester ganjil tahun ajaran 2019/2020 merupakan masa yang cukup melelahkan bagi sivitas akademika Universitas Hasanuddin. Pasalnya, pengisian Kartu Rencana Studi (KRS) yang seharusnya secara daring, berubah bak tahun 90-an. Ya, sistem pengisian jadi manual. Selain itu, bagian akademik fakultas juga harus bekerja ekstra melayani mahasiswa, menginput kembali mata kuliah yang diprogramkan.

Saat diwawancarai di Gedung Center of Scintific Actifity (CSA) Fakultas Teknik pada Agustus 2019 lalu, Direktorat Sistem dan Teknologi Informasi (DSTI) Unhas, Dr Eng Muhammad Niswar ST M IT, mengatakan gangguan yang terjadi pada portal disebabkan adanya hacker dari luar yang mencoba menerobos sistem keamanan server portal-akademik.unhas.ac.id. Selain itu, jumlah mahasiswa yang mengakses laman portal akademik juga menjadi alasan server tergganggu.

Selama portal lama bermasalah, keluhan dari civitas akademika terus berdatangan meminta Unhas sesegera mungkin mengambil tindakan. Dan saat itu pula kesibukan Kepala DSTI bersama timnya dimulai. Enam bulan mereka mempersiapkan portal baru yang saat ini kita kenal neosia.unhas.ac.id.

Niswar sapaan akrab Kepala DSTI, menyebut portal baru memiliki keunggulan dari segi teknologi, keamanan dan lebih user friendly dibandingkan portal lama. Selain itu, portal baru dapat diakses baik menggunakan jaringan kampus maupun luar kampus.

“Kita sudah perbarui teknologi, keamanannya, dan tentunya lebih user friendly,” ujarnya.

Saat ini, masih masa transisi dari portal lama ke portal baru dan untuk sementara, semua data mahasiswa di portal lama, masih dapat diakses hingga portal baru benar-benar rampung.

“Cuma data nilai yang belum dipindahkan. Februari awal, setelah mahasiswa mengisi KRS dan dosen sudah menyetujui KRS, data nilai juga sudah akan pindah,” jelas Niswar.

Setelah pemindahan data selesai, portal lama akan ditutup dan neosia.unhas.ac.id akan berganti nama menjadi portal-akademik.unhas.ac.id.

“Neosia hanya nama sementara. Ketika data sudah dipindahkan semua, portal lama akan di ditutup. Neosia akan berganti nama menjadi portal-akademik.unhas.ac.id,” akhirnya, Kamis (16/01).

Fis

BACA JUGA