Follow

Sering Gagal Fokus? Nih, 5 Tips Fokus Belajar

Editor: Fitri Ramadhani | Senin, 01 Juli 2019 - 08:00 Wita | 240 Views
Foto : shopback.co.id

Sering kita mendapatkan kondisi sulit untuk fokus belajar atau mengerjakan tugas yang dilakukan dengan pikiran yang muncul kemana-mana, rasa tak nyaman, rasa khawatir, atau melakukan banyak hal sehingga sulit konsentrasi dalam belajar.

Hal ini menjadi hantu bagi mahasiswa, apalagi mahasiswa yang sering menggunakan sistem “kebut semalam” sebelum esok harinya kumpul tugas ataupun ujian final, gagal fokus inilah yang sangat dihindari oleh mahasiswa. Banyak hal yang bisa dilakukan agar kita terhindar dari gagal fokus dalam belajar. Berikut lima tips terhindar dari gagal fokus belajar buat kamu.

1. Cari tempat yang nyaman

Foto: wanitabercerita.com

Buatlah tempat belajar kamu yang nyaman dan tidak sumpek. Sebaiknya rapikan meja belajar atau tempat di sekitarnya dari tumpukan barang-barang dan kertas. Sehingga, kamu bisa lebih fokus dalam belajar.

2. Jauhkan gadget

Foto: bobo.grid.id

Yah, main gadget menjadi permasalahan yang serius bagi mahasiswa. Apalagi main game, nonton youtube, dan media sosial yang  banyak menyita waktu. Hal itu membuat kamu lupa belajar ataupun mengerjakan tugas. Jadi, sebelum belajar sebaiknya simpan dan jauhi dulu gadgetnya, yah.

3. Temukan gaya belajar dan waktu yang tepat

Foto: glits.com

Salah satu cara agar fokus belajar yakni temukan gaya belajar dan waktu yang tepat. Setiap orang memiliki cara belajar yang berbeda-beda.  Ada yang belajar sambil dengar musik, minum kopi, ataupun belajar dengan suara yang keras. Dan memilih waktu yang tepat, baik itu dimalam hari di kafe ataupun tempat yang ramai.

4. Berolahraga dan istirahat cukup

Foto: Identitas/Arisal

Olahraga dan istirahat secukupnya merupakan cara tepat untuk tetap fokus belajar. Sebab, berolahraga selama 15 menit bisa meningkatkan kembali kemampuan fokus kalian dalam belajar dan tubuh akan lebih segar dalam menerima materi belajar nantinya. Selain itu, kalian juga harus istirahat secukupnya agar tubuh kalian lebih rileks dan tidak mengantuk.

5. Pelajari materi yang ringan

Foto: rimma.co

Tips ini salah satu cara bila kamu berhadapan dengan beberapa pelajaran/tugas yang bersamaan. Pelajari terlebih dahulu materi yang kamu anggap menyenangkan atau yang lebih ringan. Sama halnya dalam mengerjakan tugas, sebaiknya kita mengerjakan soal-soal yang gampang terlebih dahulu. Agar nantinya kamu bisa lebih konsentrasi untuk mempelajari materi yang lebih sukar. Selamat mencobanya.

M02

 

BACA JUGA