Follow

Sering Rindu Rumah? Mahasiswa Rantau Mesti Lakukan 5 Hal Ini untuk Mengatasi Homesick

Editor: Sri Hadriana | Rabu, 24 Oktober 2018 - 15:34 Wita | 308 Views

Saat terjun di kehidupan kampus, tentu kamu perlu beradaptasi dengan hal-hal baru yang tidak kamu temukan semasa sekolah. Terutama bagi kamu yang mesti merantau untuk mengenyam pendidikan perguruan tinggi. Masa-masa beradaptasi itu, seringkali kamu rindu suasana rumah.

Perasaan sedih bahkan menderita ketika berpisah dari orang-orang terdekat misal keluarga itu kerap disebut homesick. Gejala ini biasanya akan timbul bersamaan ketika banyak masalah yang muncul.

Seseorang yang dilanda homesick akan mudah merasa sedih, dan berpengaruh pada kondisi jasmani dan rohani. Alhasil, mahasiswa bisa kehilangan semangat belajar. Gejala seperti ini suatu hal wajar, dan tak perlu dihilangkan. Hal yang mesti kamu lakukan ialah mengelola perasaan itu. Berikut lima cara yang bisa kamu lakukan ketika dilanda homesick.

  1. Meluruskan niat seraya mendekatkan diri kepada sang pencipta

Sebagai perantau sebaiknya hal utama yang dilakukan adalah meniatkan diri bahwa kamu ingin menuntut ilmu sebanyak-banyaknya agar kelak menjadi orang sukses. Ingatlah, bahwa sudah banyak hal yang dikorbankan agar kita dapat sampai ke tempat yang sekarang.

Memanfaatkan waktu untuk berzikir serta berdoa kepada Tuhan. Karena sesungguhnya Tuhan maha membolak-balikkan keadaan hati seorang hamba-Nya. Dengan begitu, perasaanmu akan menjadi tenang dan tentram.

  1. Menghubungi keluarga di rumah

Sekarang kita dapat mengetahui kabar dan keadaan orang rumah dengan menelpon atau video call. Sering berkomunikasi dengan keluarga dapat membantu mengurangi rasa rindu. Cobalah untuk rutin menghubungi orang-orang yang kamu sayang serta berbagilah cerita dengannya.

  1. Membuat suasana menjadi nyaman

Mulailah dengan mengubah suasana agar kamu terasa nyaman tinggal di tempatmu. Gunakanlah ide-ide kreatif untuk menghiasi kamarmu agar menarik dilihat dan yang tak kalah penting adalah nyaman.

  1. Mengisi waktu dengan hal yang bermanfaat

Silakan mencari kegiatan yang bermanfaat seperti jalan-jalan di sekitar tempat tinggalmu, atau menjalin hubungan dengan warga sekitar. Hal ini memudahkan kita untuk mendapat pengalaman baru. Ingatlah untuk terus melakukan hal yang kamu suka, sehingga dapat meningkatkan moodmu menjadi lebih riang.

Salah satu mengisi waktu yang bermanfaat seraya menyalurkan hobi ialah mengikuti organisasi yang telah tersedia di kampus. Dengan begitu, kamu dapat memiliki banyak teman. Mencari teman baru juga memudahkan kita dalam mengatasi homesick. Karena teman dapat menghibur di saat kita merasa sedih.

  1. Mengunjungi rumah keluarga saat hari libur tiba

Cara ini sangat ampuh dalam mengobati rasa rindu. Pulang merupakan hal yang amat dinanti oleh perantau maupun keluarga. Sehingga manfaatkanlah waktu berkunjung pada saat liburan dengan berkumpul bersama keluarga. Lalu, saat sedang di rumah berceritalah akan masalah-masalah pribadi kepada orang terdekatmu agar mendapatkan solusi.

M34

BACA JUGA