Follow

Skripsi Belum Kelar ? Kenali 5 Faktor Penghambat Ini

Editor: Fitri Ramadhani | Sabtu, 07 September 2019 - 08:11 Wita | 206 Views
Sumber : detikHealth.com

Skripsi ? Ketika mendengar kata itu terlintas di pikiran kita dengan mahasiswa tingkat akhir. Skripsi atau tugas akhir ini salah satu syarat yang harus dilalui  sebelum mendapat gelar sarjana loh gaes. Menulis skripsi bukanlah hal mudah seperti membalikkan telapak tangan.  Akibatnya, tak jarang mahasiswa tingkat akhir telat lulus karena belum menyelesaikannya. Ada banyak faktor yang dapat menghambat skripsi sehingga tak kunjung selesai. Apa saja itu ? Ini 5 Hal yang perlu kamu ketahui!

1. Malas memulai

Sumber: liputan6.com

Mengerjakan skripsi tidak harus pintar, tetapi kamu harus tekun dalam mengerjakan agar cepat selesai. Bagi kamu yang sedang menulis proposal penelitian atau skripsi, kamu harus memiliki motivasi yang kuat, khusus dalam memulai.

Memang, memulai sulit dilakukan, namun coba paksakan diri kamu untuk memulainya. Saat kamu sudah memulai, akan ada waktu  untuk menemukan ide atau solusi selama proses pengerjaannya. Selanjutnya kamu bisa membuat deadline atau target yang jelas agar dirimu terdorong untuk menyelesaikannya.

Jangan terlalu banyak berpikir untuk mengawalinya, kerjakanlah dulu.

2. Dosen Pembimbing (Dosbim)

Sumber: Youthmanual.com

Tidak bisa dipungkiri, bahwa dosbim adalah salah satu faktor utama yang menentukan cepat atau tidaknya kamu menyelesaikan skripsimu. Ada banyak karakteristik dosbim, mulai dari yang sangat perhatian , cuek, susah ditemui dan masih banyak lagi. Namun apapun karakteristiknya, intinya kamu harus menjalin hubungan personal yang baik terlebih dahulu dengan dosbim kamu. Kemudian buat jadwal bimbingan rutin agar skripsinya cepat selesai. Akan tetapi, bila kamu memiliki dosbim yang jam terbangnya tinggi, kamu harus selalu memanfaatkan setiap kesempatan yang ada.

3. Malu bertanya

Sumber : WordPress.com

Sering kali, dalam mengerjakan sripksi ada hal yang kurang dipahami. Disinilah stres mulai muncul dan menghambat kamu untuk melanjutkannya. So, kamu harus banyak bertanya biar skripsi bisa cepat berlalu seperti badai.

4. Terlena oleh kegiatan yang buang-buang waktu

Sumber: indrianindahasari.blogspot.com

Aktif berorganisasi adalah hal yang baik, sebab organisasi adalah wadah kita mencari pengalaman. Tetapi, tak jarang mahasiswa tingkat akhir yang terlena dalam berorganiasi mengalami kesulitan dalam membagi waktu antara organisasi dan skripsi. Lebih parahnya lagi ada beberapa mahasiswa yang menghabiskan waktu untuk kegiatan unfaedah. Misalnya main domino dengan anggota organisasi hingga larut malam, sehinggga esok menjadi tidak produktif lagi. Saran aku nih gengss, buatlah daftar prioritas yang kamu kerjakan, supaya waktumu tidak terbuang sia-sia.

5. Lingkungan yang kurang mendukung

Sumber: HiTekno.com

Lingkungan yang kurang mendukung juga dapat menjadi penghambat,  Hal ini terjadi bila kamu tak mampu menyeimbangi diri kamu sendiri. Misalnya kamu berteman dengan orang suka mengajak yang bisa menghambat skripsi kamu, seperti have fun lah, push rank game. Bukan bermaksud membatasi kamu dalam berteman, setidaknya kamu dapat menempatkan diri agar tidak menghambat kamu dalam mengerjakan skripsi.

Sebenarnya kunci utama dari skripsi adalah diri kamu sendiri, Bagaimana pun sulitnya cobaan, bermodalkan keinginan dan kemauan yang kuat, tentu kamu bisa menyelesaikan skripsimu dengan cepat. Oh iya, selama kamu mengerjakan tugas akhir, jangan lupa berdoa dan meminta doa dari orang-orang sekelilingmu, khususnya orang tua. 😊

Semangat teruss gengs. Kamu pasti bisa. Because, I believe that BADAI PASTI BERLALU, namun JANGAN BERLALU BERSAMA BADAI.

M12

 

 

BACA JUGA