Follow

Sulit Bangun Pagi ? Coba Terapkan 5 Hal Berikut

Editor: Fitri Ramadhani | Kamis, 01 Agustus 2019 - 08:48 Wita | 212 Views
Istimewa

Pernah dengar istilah, “Rejeki dipatok ayam”? Istilah ini pasti tidak asing lagi kan ? Biasanya istilah ini diperuntukkan bagi orang-orang yang bangun kesiangan.

Nah, hal ini juga terjadi pada sebagian mahasiswa. Meskipun mahasiswa diberi kebebasan dalam menentukan jadwal kuliah yang bakal dijalaninya selama satu semester. Akan tetapi, kadangkala ada saja mata kuliah yang dijadwalkan pada pagi hari.

Bila menemukan jadwal seperti itu, tandanya kita harus bangun lebih awal supaya bisa mengikuti kelas. Tentu saja hal ini tidak mudah, apalagi bagi kita yang terbiasa bangun siang karena libur, misalnya.

Tapi, jangan khawatir. Kamu bisa coba menerapkan langkah-langkah berikut. Selamat mencoba!

1. Matikan Semua Alat Elektronik di Sekitar Sebelum Tidur

Istimewa

Layar handphone, monitor  personal computer (PC), dan televisi memancarkan sinar biru yang membuat mata kamu akan dipaksa untuk tidak lelah (tetap bekerja). Sehingga mata kamu tidak akan merasakan rasa kantuk . Apabila diteruskan,  kamu bisa lupa jam tidur. So, jangan lupa matikan gadget kalian sebelum tidur ya sobat.

2. Perhatikan Menu Makanan di Malam Hari

Istimewa

Menu makanan di malam hari juga sangat berpengaruh loh pada kualitas tidur kamu. Usahakan untuk menghindari makan makanan ringan sebagai menu makan malam yah. Sebab, makanan ringan akan membuat kalian terbangun di malam hari dikarenakan rasa lapar yang tiba-tiba datang, akibat kurangnya asupan nutrisi. Jadi, perhatikan menu makan malam kalian ya, jika kalian tidak ingin terbangun di tengah malam.

3. Minum Segelas Air Sebelum Tidur

Istimewa

Dengan meminum segelas air sebelum tidur, maka dapat merelaksasi kerja otak kita dengan memberikan asupan oksigen yang cukup. Sehinga meningkatkan kualitas tidur kamu.

4.Letakan Alarm Jauh dari Tempat Tidurmu

Istimewa

Siapa nih yang kebiasaan mematikan alarm ketika berdering dan lanjut tidur lagi? Hayooo ngaku, wkwkwk. Kalau kamu salah satunya, maka kamu mesti menjauhkan alarm itu dari jangkauan kamu ya, sobat. Hal ini bertujuan agar diri kamu terdorong untuk bangun (beranjak) dari tempat tidur untuk mematikan alarm itu. Jika tidak, dapat dipastikan kalian akan tetap bangun kesiangan sobat.

5. Mandi dengan Air Dingin

Istimewa

Last but not least, setelah terbangun, usahakan langsung segera mandi ya. Dan akan lebih baik jika kamu mandi menggunakan air dingin.Selain dapat merelaksasi saraf tubuh, mandi menggunakan air dingin juga dapat membantu meningkatkan konsentrasi kamu.

Nah itu tadi tips dan trik sederhana agar dapat bangun pagi tepat waktu. Semoga kamu berhasil bangun pagi dan enggak telat ke kampus lagi.

M07

BACA JUGA