Follow

Tetap Produktif walau #diRumahAja, Lakukan 5 Hal Ini

Editor: Urwatul Wutsqaa | Sabtu, 30 Mei 2020 - 17:00 Wita | 135 Views
Istimewa

Mewabahnya virus corona ke berbagai negara termasuk Indonesia mendatangkan tatanan kehidupan baru. Perkuliahan yang lazimnya dilakukan bersama teman-teman di kampus kini dilakukan dari rumah masing-masing via daring.

Hal tersebut dilakukan sebagai salah satu upaya memutus rantai penyebaran virus. Seperti yang dikatakan oleh Presiden Joko Widodo, dalam menghentikan penyebaran virus melalui kontak fisik. Hal ini memaksa kita harus bekerja dari rumah, belajar dari rumah dan beribadah dari rumah. Tagar #DiRumahAja pun ramai digaungkan sejak Maret 2020.

Selama karantina, mungkin ada di antara kita yang belum bisa beradaptasi. Dosen Psikologi Unhas, Andi Juwita Amal SPsi MPsi Psikolog mengatakan situasi ini terjadi tanpa persiapan, sehingga akan berpengaruh terhadap prodiktivitas seseorang yang sudah dilakukan bertahun-tahun.

Oleh karena itu, untuk tetap produktif dan tidak bosan selama di rumah, kalian bisa mencoba lima tips berikut:

 

1. Melakukan rutinitas seperti biasanya

Sumber: akurat.co

Walaupun hanya di rumah, kamu perlu menjaga rutinitasmu seperti bangun pagi, sarapan dan mandi di waktu yang sama. Hal ini bisa membantu pikiran kamu tetap produktif karena rutinitas yang tidak berubah. Tips ini juga akan membantu kamu dalam memanajemen waktu ketika keadaan membaik pasca pandemi.

 

2. Membaca buku

Sumber: cnnindonesia.com

Sebagai pelajar, buku menjadi salah satu hal yang dibutuhkan oleh mahasiswa. Membaca buku dapat menambah wawasan atau pengetahuan yang pastinya akan berguna untuk kedepannya. Bagi kamu yang masih malas membaca, usahakan untuk munculkan minat baca dalam diri sebagai kewajiban seorang mahasiswa. Kamu bisa memulainya dengan membaca buku-buku novel, komik atau cerpen. Di samping itu ada banyak media menawarkan buku elektronik gratis yang bisa diakses melalui smartphone, sehingga bisa diakses dari rumah tanpa keluar ke toko buku.

 

3. Olahraga

Sumber : cnnindonesia.com

Nah kalau membaca buku tadi untuk kebutuhan ilmu pengetahuan, jasmani juga punya kebutuhannya sendiri agar tetap sehat dan vit. Yup, Berolahraga dapat meningkatkan kekebelan tubuh, sehingga kita bisa melawan virus yang masuk ke tubuh. Adapun olahraga yang bisa dilakukan dari rumah yaitu senam lantai, yoga, atau aerobic.

 

4. Seminar dan Kelas Online

Sumber : sevima.com

Di situasi seperti ini, banyak lembaga formal maupun informal yang menyediakan seminar dan kelas online. Bahkan ada yang tidak berbayar alias gratis, sangat pas dengan sifat mahasiswa yang suka gratisan. Disamping itu, kamu juga mendapatkan pengetahuan dan pengalaman baru serta sertifikat.

 

5. Berkarya

Sumber : bernasnews.com

Selain seminar, banyak juga lomba online. Kamu bisa memanfaatkan momen tersebut untuk menghasilkan karya seperti menulis puisi, esai, cerpen, poster dan potret yang disesuaikan dengan kontes perlombaan. Selain itu, mudahnya mengakses informasi kamu bisa membuat kerajinan tangan seperti bros atau gantungan kunci melalui tutorial dari youtube atau sumber informasi lainya.

Selamat mencoba, semoga tipsnya bermanfaat.

Santi Kartini

BACA JUGA