Follow

Tiga Kabupaten di Sulsel Jadi Lokasi KKN Profesi Kesehatan Unhas

Editor: Wandi Janwar | Sabtu, 15 Juni 2019 - 20:59 Wita | 103 Views
Dokumentasi Pribadi

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tanah Toraja, Takalar, dan Soppeng memberikan pembekalan kepada mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Profesi Kesehatan (KKNPK) Unhas, Jumat-Sabtu (14-15/6).

Sebanyak 650 mahasiswa peserta KKNPK Unhas mengikuti pembekalan tersebut. Dalam pelaksanaannya, KKNPK angkatan ke-58 ini berbeda dari tahun sebelumnya.

Untuk tahun 2019, KKN tematik tersebut berfokus pada Pengendalian Tuberkulosis (TB) Berbasis Komunitas, dengan Pendekatan Inter Professional Education (IPE). KKNPK Unhas akan diselenggarakan di tiga kabupaten berbeda, meliputi Soppeng, Takalar dan Tana Toraja.

Dalam rilis yang  disebar Satgas Pelaksana KKNPK Unhas, Aminullah menuliskan, alasan pemilihan ketiga kabupaten ini, karena merupakan perwakilan etnik terbesar yaitu Toraja, Bugis dan Makassar.

“Ini merupakan langkah awal dalam pengendalian TB sekaligus mewakili tiga wilayah geografis, yakni pegunungan, dataran rendah dan pesisir,” tulisnya.

Rencananya peserta KKN profesi Unhas ini berada di lokasi selama empat pekan. Mereka berasal dari Fakultas Kedokteran (FK), Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM), Fakultas Kedokteran Gigi (FKG), Fakultas Keperawatan (FKep), dan Fakultas Farmasi (FF). Selain itu, mereka juga akan disebar di 25 desa dan 85 kecamatan.

“Telah terdaftar peserta di Soppeng sebanyak 220 mahasiswa, Takalar sebanyak  232 mahasiswa, dan Tana Toraja sebanyak 198 mahasiswa,” papar Aminullah.

Citizen Reporter

BACA JUGA