Tingkatkan Keimanan, HMI Kedokteran Gigi Unhas Gelar Kajian

Suasana tahun baru masih sangat terasa pada pertengahan triwulan pertama 2021 ini. Mengingat beberapa dari kita tampak sibuk menyiapkan catatan resolusi, Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat Kedokteran Gigi Unhas mengulas permasalahan tersebut, Sabtu (20/02). Permasalahan terkait pengembangan dan peningkatan kualitas diri itu dibalut dalam kajian melalui Zoom yang menghadirkan Ustadz Abdul Nowy sebagai pemateri.

Adapun salah satu resolusi itu ialah poin keimanan. Pada kesempatannya, Nowy memaparkan beberapa hal yang perlu dilakukan untuk mencapainya.

“Pertama ialah muhasabah diri. Muhasabah diri tak hanya dilakukan pada waktu tertentu. Sebagai orang yang beriman, muhasabah diri sebaiknya senantiasa dilakukan,” tegas Nowy.

Nowy juga mengingatkan, tidak ada kata terlambat untuk belajar dan bertaubat. Hal selanjutnya yang ia sampaikan adalah manajemen waktu.

“Sebuah pepatah arab mengatakan bahwa waktu seperti pedang jika tidak digunakan sebaik mungkin. Pepatah tersebut mengisyaratkan manusia untuk memanfaatkan waktunya di dunia dengan banyak melalukan amal salih,” ujar Nowy.

Lebih lanjut, dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh at-Tirmidzi, dikisahkan seseorang sedang bertanya kepada Rosulullah SAW tentang kriteria manusia terbaik. Rosul kemudian menjawab bahwa sebaik-baik manusia adalah yang panjang umurnya dan baik amalannya.

“Semoga kita diberi umur yang panjang oleh Allah SWT guna senantiasa bermuhasabah dan beramal saleh untuk mencapai kesuksesan dan bermanfaat kepada orang lain,” tutupnya.

M222

Written by

nadhirasidiki98@gmail.com

No comments

LEAVE A COMMENT