Follow

Tumbuhkan Jiwa Enterpreneurship, UKM Kopma Gelar Kuliah Umum Perkoperasian

Editor: Wandi Janwar | Jumat, 15 November 2019 - 10:41 Wita | 106 Views
Foto: Humas Unhas

Unit Kegiatan Mahasiswa Koperasi Mahasiswa Universitas Hasanuddin (UKM Kopma Unhas), menggelar Kuliah Umum Perkoperasian dan Sosialisasi Empat Pilar di Aula Prof Mattulada Unhas pada Senin (11/11). Kegiatan ini mengusung tema, “Memimpin Koperasi Mahasiswa sebagai Ajang Pembentukan Enterpreneur berbasis Perguruan Tinggi”.

Kuliah Umum tersebut dihadiri Dewan Perwakilan Daerah RI Sulawesi Selatan (Sulsel), Dr H Ajiep Padindang SE MM dan Lily Amelia Salurapa, serta Wakil Ketua MPR RI, Prof Dr Ir Fadel Muhammad Al-Haddar. Turut hadir Rektor Unhas, Prof Dr Dwia Aries Tina Pulubuhu MA dan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Prof Dr drg A Arsunan Arsin MKes.

Dalam sambutannya, Prof Dwia mengatakan bahwa adanya koperasi bertujuan untuk membangun kebersamaan. “Tujuan berdirinya Koperasi Mahasiswa tidak hanya untuk membangun kesejahteraan melainkan membangun kebersamaan dan ekonomi yang adil, sesuai dengan ideologi Pancasila kita,” ungkapnya.

Selain itu, dalam kesempatan yang sama, Wakil Ketua MPR RI, Prof Dr Ir Fadel Muhammad Al-Haddar juga memaparkan bahwa jika ingin bercita-cita menjadi enterpreneur, kita harus memiliki berbagai karakteristik. Hal tersebut yakni harus memiliki kemampuan leadership, berkarakter inovatif, mengambil keputusan dengan otak kanan, tanggap terhadap perubahan, bekerja cerdas, memiliki visi masa depan, dan fokus terhadap kesempatan.

“Tujuh hal ini adalah harus mutlak dimiliki oleh seseorang. Kalau kopma mengalami naik turun, itu merupakan hal biasa. Tetapi, bagi saya yang penting adalah semangatnya harus terus-menerus dan dikembangkan setiap saat,” ujarnya.

Melika

BACA JUGA