Follow

Tumbuhkan Jiwa Kewirausahaan, Departemen Statistika Adakan Pameran Produk

Editor: Wandi Janwar | Jumat, 13 Desember 2019 - 19:55 Wita | 98 Views
identitas/Santika

Berbagai pruduk mulai dari kuliner, kerajinan tangan, hingga poster aplikasi game tertata rapih di bawah tenda putih yang berada di pelataran Science Building, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Hasanuddin (FMIPA Unhas), Jumat (13/12). Produk-produk tersebut adalah karya dari 31 kelompok usaha mahasiswa Departemen Statistika FMIPA Unhas.

Mahasiswa yang selama ini dikenal dengan kemampuan mengolah data statistik dan memaknai data, ternyata mampu membuat produk yang mempunyai nilai jual dan mendatangkan keuntungan. Hal tersebut diungkapkan Koordinator mata kuliah Kewirausahaan Program studi (Prodi) Statistika FMIPA Unhas, Anisa S Si M Si.

“Selain ilmu dalam bidang akademik, mereka juga mempunyai bekal berwirausaha,” ucapnya, Jumat (13/12).

Kegiatan yang diadakan oleh Departmen Statistika Unhas ini baru pertama kali dilakukan pada mata kuliah kewirausahaan. Hal ini bertujuan untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan mahasiswa, dimana mahasiswa terlibat langsung mulai dari pembuatan perencanaan bisnis dan inovasi produk, pembuatan proposal, pembuatan produk hingga menjual hasil produk.

“Ini adalah output mata kuliah kewirausahaan dengan komposisi 40% teori dengan belajar dan 60% praktik membuat produk usaha dan dijual,” papar Ica, sapaan akrabnya.

Lebih lanjut, Dosen Statistikaini menambahkan bahwa pameran tersebut termaksuk dalam bentuk promosi Departemen Statistika sebagai departemen baru di FMIPA.

Santi Kartini

BACA JUGA