UKM ALSA Tekankan Pentingnya Perlindungan Pekerja Anak

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Asian Law Association (ALSA) Universitas Hasanuddin  mengadakan Webinar dengan tema “Perlindungan Anak dari Eksploitasi sebagai Pekerja Anak”, melalui aplikasi Zoom Meeting, pukul 13.00 – 16.30 Wita, Minggu (15/11).

Kegiatan ini menghadirkan  Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Sulawesi Selatan, Dr  dr  Hj  Fitriah Zainuddin M Kes, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sulawesi Selatan, Dra  Hj  Muliawati Muhiddin  M ADM  SDA,  serta Dosen Fakultas Hukum Unhas, Dr Romi Librayanto SH MH.

Ketua Panitia, Arman Darmawan mengatakan bahwa kegiatan ini diadakan  untuk menunjukkan dan memperlihatkan urgensi dari perlindungan pekerja anak.

“Setelah  melihat data dari beberapa instansi yang bersangkutan di Makassar, menunjukkan Sulawesi Selatan  memiliki tingkat pekerja anak tertinggi,” ucap mahasiswa Fakultas Hukum tersebut.

Dalam kesempatan tersebut dijelaskan terkait regulasi tentang perlindungan anak dan bagaimana penegakannya, apa saja hak-hak anak dan bagaimana bentuk perlindungannya, serta  cara menanggulangi eksploitasi pekerja anak.

Arman berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran seluruh masyarakat bahwa saat ini sedang terjadi masalah yang mengancam masa depan bangsa kita, yaitu eksploitasi pekerja anak.

“Karena anak-anak yang dieksploitasi untuk bekerja dapat mengganggu perkembangan anak itu sendiri. Padahal anak-anak inilah yang paling dibutuhkan untuk masa depan,” ujarnya.

M103

No comments

LEAVE A COMMENT