Follow

UKM KPI Gelar Seminar Inovasi Nasional 2019

Editor: Wandi Janwar | Sabtu, 09 November 2019 - 22:59 Wita | 176 Views
Foto: Irma/identitas

Unit Kegiatan Mahasiswa Keilmuan dan Penalaran Ilmiah Universitas Hasanuddin (UKM KPI Unhas), menggelar kegiatan Seminar Nasional dengan tema”Strategi dan Inovasi Generasi Muda dalam Merealisasikan Indonesia Emas 2045”. Acara ini digelar di Baruga A.P Pettarani Unhas, Sabtu (9/11).

Adapun keynote speaker dalam kegiatan ini, CEO PT PSM (Munafri Arifuddin), Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Sulawesi Selatan (DPDRD Sulsel) yang merupakan peraih anugerah pendidikan nasioanl (Ir Andi Muh. Irfan AB), Founder Gen Oil CV Anugerah Nusantara (Andi Hilmi Mutawakkil), Co-Founder Cicil.co.id (Edward Widjanarko MBA), Kepala BPSDM  Provinsi Sulsel (Ir H Imran Sanusi M Pd). Mereka dipandu langsung oleh moderator yang juga merupakan Ketua Umum UKM KPI Periode 2017 (Dirga Utama Mahardika S IP).

Turut hadir Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi, dan Kemitraan, Prof Dr Muh Nasrum Massi PhD, Dewan Pakar, Dewan Konsultatif UKM KPI Unhas, finalis lomba karya tulis ilmiah Inovasi 2019 serta peserta dari mahasisiwa Unhas dan mahasisiwa dari perguruan tinggi lainnya.

Dalam sambutan ketua umum KPI, Muhammad Riswan Bin Jamal menjelaskan, Inovasi merupakan salah satu kegiatan lomba karya tulis ilmiah mahasiswa dan siswa tingkat nasional. Kegiatan ini dirangkaikan dengan seminar nasional, field trip dan malam peganugerahan.

Output dari kegiatan itu diharapkan adanya inovasi- inovasi dari karya atau gagasan yang dihasilkan oleh peserta, selanjutnya berpotensi untuk dimasukkan ke dalam jurnal abdi yang merupakan jurnal ilmiah KPI Unhas.

Lebih lanjut, Riswan begitu ia disapa memaparkan, generasi muda adalah generasi yang memegang tongkat estafet kepemimipinan selanjutnya. Jadi ditangan merekalah bagaiamana perubahan baik dalam bidang ekonomi, social, dan lainnya.

”Indonesia emas 2045 adalah momentum sekaligus sebagai peluang dan hambatan tentunya. Oleh karena itu diharapkan melalui seminar nasional ini kita bisa mendapatkan wawasan mengenai Indonesia emas 2045 baik dalam bidang ekonomi, sosial, teknologi  dan sebagainya,” jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, melalui sambutan Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi, dan Kemitraan Unhas, Prof Dr Muh Nasrum PhD mengatakan bahwa diharapan Indonesia di tahun 2045  semakin sejehtera.

Adapun peran generasi muda dan universitas dalam mencapai hal tersebut adalah melalui peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) dan Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Seni (Ipteks).

”Lalu apa peran generasi muda dan universitas untuk mencapai hal tersebut, yakni  peningkatan SDM dan Ipteks sangatlah penting,” jelasnya.

M18

 

BACA JUGA