Follow

Ungkap Kasus Penculikan Anak Semata Wayang

Editor: Khintan | Senin, 01 Oktober 2018 - 21:46 Wita | 197 Views
Istimewa

Seberapa kenal dan dekatnya kamu dengan keluargamu di era yang serba maya ini?

Saat memutar film Searching, Anda akan merasa heran dengan tampilan-tampilan awal penayangan. Biasanya film memutarkan sebuah adegan di suatu tempat.

Namun berbeda dengan film yang tayang di Indonesia 24 Agustus 2018 lalu ini. Permulaan film tersebut menampilkan video-video, riwayat obrolan, foto-foto dan sebagainya dalam sebuah layar desktop Mac Book.

Rasa heran Anda secara perlahan akan mengantarkan pada kisah seorang anak yang sedari kecil sudah diperkenalkan dengan teknologi. Anak itu bernama Margot Kim. Kedua orang tuanya, David Kim yang diperankan apik oleh John Cho dan Pamela Kim, mengabadikan setiap momen dalam sebuah video blog atau berupa gambar.

Suatu ketika, ibu Margot, Pamela Kim yang diperankan oleh Sara Sohn, divonis kanker dan ia diprediksi takkan bertahan lebih lama lagi. Pamela Kim pun meninggalkan David dan Margot selama-lamanya.

Sepeninggalan Pamela, kini David hidup berdua bersama putri semata wayangnya itu. Setiap hari, David menggunakan aplikasi panggilan video untuk  mengetahui  dan mengontrol kegiatan Margot yang dimainkan oleh Michelle La.

Kemudian, konflik dari film garapan Aneesh Chaganty ini dimulai saat Margot meninggalkan laptopnya di rumah. Yang menandakan bahwa ia sempat pulang. Namun, ia tak memberitahu apa pun pada ayahnya.

David pun mencoba menghubungi Margot. Saat kembali membuka layar komputernya, David mendapatkan catatan telepon tak terjawab dari putri semata wayangnya itu. David pun menelpon balik Margot, namun panggilannya tak jua dijawab.

Menurutnya, sikap Margot tak seperti biasanya. Ia kemudian meminta bantuan kepada Polisi untuk menemukan putrinya tersebut. Kasus Margot pun dibuka.

Beberapa waktu kemudian, Rosemary Vick yang diperankan oleh Debra Messing mengabari David bahwa ia seorang detektif yang akan membantu pencarian Margot. Namun, selang beberapa hari tak ada hasil yang signifikan.

Oleh sebab itu, David berinisiatif mengumpulkan sejumlah informasi melalui akun-akun media sosial milik Margot. Setelah lama berselancar di internet, David berhasil menemukan titik terakhir keberadaan putrinya itu.

Ia pun mengajak Vick mengecek danau yang merupakan lokasi terakhir yang Margot kunjungi. Sayangnya, mereka hanya menemukan mobil Margot di sana. Pencarian Margot pun terus berlanjut.

Film berdurasi 102 menit itu juga memperlihatkan bagaimana David tidak begitu mengenal putrinya. Hal itu baru ia ketahui ketika mengutak-atik media sosail Margot. Margot adalah anak yang sangat berbeda di dunia nyata dan di dunia maya.

Selain itu, pencariannya melalui akun media sosial itu mengantarkan David pada fakta bahwa ia tak mengenal satu pun teman Margot. Dan bahwa Margot adalah anak yang introvert dan kesepian.

Sebenarnya kisah yang ditulis Aneesh Chaganty dan Sev Ohanian ini termasuk cerita yang sangat biasa dan umum atau mainstream. Namun, bumbu internet dan teknologi yang disuguhkan membuatnya terasa seperti baru dan dapat mewakili fenomena masyarakat dunia saat ini.

Oleh sebab itu, bagi Anda yang tertarik dengan film teknologi dengan unsur invsetigasi, saya rasa Searching adalah film yang cocok Anda tonton di waktu luang. Rasa penasaran Anda tentang bagaimana David Kim mengungkap kasus putrinya ? Lantas, dalam keadaan apa Margot ditemukan? Hidup atau tak lagi bernyawa? Pertanyaan itu akan Anda temukan dalam film yang penuh teka-teki ini. Selamat menonton!

Judul                                : Searching

Sutradara                       : Aneesh Chaganty

Ditulis oleh                    : Aneesh Chaganty
Sev Ohanian

Perusahaan Produksi: Bazelevs Company
Screen Gems
Stage 6 Films

Durasi                              : 102 menit

Fitri Ramadhani

BACA JUGA