Follow

Unhas Tegaskan Tidak Berafiliasi dengan Bimbel Manapun

Editor: Wandi Janwar | Selasa, 05 Februari 2019 - 21:29 Wita | 167 Views
Universitas Hasanuddin (Unhas) kembali membuka penerimaan mahasiswa baru (Maba) di tahun akademik 2019/2020. Foto: Muh. Arwinsyah/identitas

Universitas Hasanuddin (Unhas) kembali menerima mahasiswa baru (Maba) di tahun akademik 2019/2020. Seperti biasa, ada tiga jalur yang dapat ditempuh untuk masuk di Unhas, yakni Jalur  SNMPTN, SBMPTN dan Mandiri. Proses penerimaan tersebut telah berlangsung sejak  4 Februari kemarin.

Dalam rilis yang diterima, Direktur Komunikasi Unhas, Ir Suharman Hamzah PhD HSE menjelaskan bahwa ketiga jalur itu mempunyai mekanisme dan prosedur penerimaan yang spesifik. Hal tersebut dapat dilihat pada website resmi Unhas, SNMPTN, SBMPTN, maupun Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) sebagai penyelenggara tes masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

“Penerimaan Maba di Unhas dilaksanakan melalui tiga jalur. Untuk setiap jalur masuk tersebut, mempunyai mekanisme dan prosedur yang spesifik,” lanjutnya.

Namun, belakangan ini beredar informasi  yang menyebutkan, bahwa lembaga bimbingan belajar telah bekerja sama dengan Unhas dalam hal persiapan masuk PTN. Menanggapi hal tersebut, Suharman tidak membenarkan informasi yang beredar itu.

Suhe, sapaan akrabnya juga mengungkapkan bahwa Unhas secara kelembagaan tidak memiliki afiliasi atau bentuk kerjasama apapun, dengan lembaga yang melaksanakan bimbingan belajar untuk masuk PTN. Hal ini dilakukan untuk memberi peluang kepada calon mahasiswa baru, agar masuk ke Unhas secara adil dan jujur. Sehingga dalam  mewujudkan komitmen tersebut, pihak Unhas tidak mengijinkan bimbingan belajar dan try out ujian masuk PTN dengan menggunakan fasilitas yang ada di Unhas.

“Kami mengimbau kepada masyarakat untuk tidak mempercayai pihak yang mengklaim telah bekerja sama dengan Unhas untuk persiapan masuk PTN” tutupnya, Selasa (5/2).

M35

BACA JUGA