Follow

Wahai Para Mahasiswa, Inikah Alasanmu Malas Belajar?

Editor: Sri Hadriana | Sabtu, 03 November 2018 - 19:49 Wita | 649 Views

Bagi Mahasiswa baru (Maba) yang menjalani proses transisi dari Sekolah Menengah Atas (SMA) ke masa kuliah tentu masih memilihi semangat belajar yang tinggi. Semua tugas yang diberikan oleh dosen dikerjakan dengan penuh semangat. Namun bagi mereka yang telah melewat masa ini, bisa dipastikan semangat belajarnya sudah mulai kendor.

Yah, mahasiswa semester lima dan tingkat akhir tentunya meraskan hal tersebut. Ketika dosen memberikan tugas, ada saja keluhan yang dikeluarkan oleh mahasiswa. Untuk itu, kami mencoba merangkum beberapa alasan, mengapa mahasiswa malas belajar.

  1. Keracunan virus Gamon

Alasan yang pertama ini sudah tidak asing lagi bagi kalian, cuman istilahnya saja yang agak sedikit berbeda. Yah, kecanduan virus Gamon atau Game Online sudah menyebar di berbagai kalangan. Mulai dari anak-anak, pemuda hingga remaja maupun dewasa. Di zaman yang serba canggih ini, tidak heran jika manusia tidak bisa lepas dari yang namanya online.

Entah itu game atau apapun yang berhubungan dengan online. Sebab ini merupakan salah satu media hiburan bagi mereka sang generasi milenial, tak terkecuali mahasiswa. Ketika berhadapan dengan tugas kuliah menumpuk, ini bisa menjadi alternatif hiburan. Namun, kalian harus menjaga dosis permainan game ini. Sebab, jika melewati ambang batas maka virusnya Gamon akan menyerang dan  bisa mengakibatkan si pengguna game ini mendapatkan nilai E.

Bagaimana tidak? Jika kalian asyik bermain game di saat minggu  mid atau final tes, maka kalian akan terancam mendapat nilai E. Terlebih lagi jika dosennya killer, tidak ada ampun bagi kalian yang macam-macam saat waktu ujian sedang berlangsung.

 

  1. Tugas berlapis-lapis

Ini juga  menjadi salah satu alasan, mengapa mahasiswa malas belajar. Tugas yang banyak menjadikan mahasiswa berpikir panjang untuk mengerjakannya. Walaupun sebenarnya, semakin banyak tugas mahasiswa harus semakin rajin. Tetapi tidak menutup kemungkinan, jika tugas numpuk akan semakin memalaskan.

Yah, kebanyakan mahasiswa jika melihat tugas kuliahnya banyak, lebih memilih untuk nyontek dibanding mengerjakan sendiri tugas tersebut. Apalagi jika tugas yang diberikan agak susah dan membutuhkan analisis yang mendalam.

 

  1. PD tingkat rendah

Percaya Diri (PD) merupakan salah satu kekuatan terbesar seseorang. Jika kalian tidak PD maka yakinlah segala urusan tidak akan berjalan lancar. Tak hanya itu, ketika kalian tidak PD dalam hal belajar, itu juga akan mempengaruhi nilai nantinya. Misalnya saja, ketika kalian memiliki tugas kuliah dan sebenarnya bisa kalian kerjakan sendiri. Namun karena kurang PD maka kalian lebih memilih nyontek.

 

  1. Kecanduan Main Sosmed

Sama seperti poin pertama, online seakan menjadi kebutuhan primer. Karena hampir setiap orang memiliki Sosial Media (Sosmed). Mulai  dari anak-anak, remaja, dewasa hingga aki-aki. Saat ini, Medsos sudah menjadi media komunikasi nomor satu di  dunia. Bahkan komukasi  secara langsung di  dunia  nyata tidak begitu aktif dibanding Medsos.

Berdasarkan data yang  dilansir dari Kompas.com, penelitian yang dilakukan We Are Social, perusahaan media asal Inggris yang bekerja sama dengan Hootsuite, rata-rata orang Indonesia menghabiskan tiga jam 23 menit sehari untuk mengakses Medsos. Namun dengan semakin aktifnya orang di Medsos bisa membuat orang tersebut malas.

 

  1. Keasyikan Nongki

Sebagai seorang pemuda tentunya kalian sering dong nongkrong bersama teman sebaya. Apalagi sekarang Warung Kopi (Warkop) dan Cafe yang mejadi tempat  nongki sudah bertebaran di mana-mana. Sehingga mahasiswa lebih leluasa untuk nongki bersama teman.

Namun dengan semakin seringnya kalian nongki bersama teman, maka intensitas untuk belajar juga akan semakin sedikit. Hal ini perlu untuk dilakukan, akan tetapi harus sesuai dengan jadwal kosong saja agar tidak menggangu kuliah.

 

  1. Tukang tidur (Tuti)

Alasan yang satu ini tidak bisa dipungkiri lagi bagi mereka yang selalu tidur di atas jam 12 malam. Memiliki  aktivitas di malam hari sering kali membuat mahasiswa mengantuk dan tidak fokus di dalam kelas. Bahkan waktu untuk mengerjakan tugas juga digunakan tidur. Walaupun tidak semua mahasiswa mengalami hal tersebut.

 

  1. Tidak ada yang memotivasi

Alasan yang terakhir ini juga sangat mempengaruhi rajin atau tidaknya seseorang belajar. Ketika kamu sedang tidak  semangat belajar, tentunya kamu butuh motivasi dari teman-teman terdekatmu. Apalagi jika si do’i yang memberikanmu semangat.

Wandi Janwar

BACA JUGA