Pusat Prestasi Nasional Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Puspresnas Kemendikbud) mengadakan Sosialisasi Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (GEMASTIK) ketiga belas, tahun 2020 secara daring melalui platform Zoom Meeting dan live streaming di kanal Youtube Pusat Prestasi Nasional, Sabtu (18/07).
Kegiatan tersebut dibuka Koordinator Bidang Pendidikan Khusus dan Pendidikan Tinggi Puspresnas Kemendikbud, Dr Misbah Fikrianto MM MSi dan mengundang langsung tim juri dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (Ir Muchammad Husni MKom), Institut Seni Indonesia Surakarta (Basnendar Herry PSSn MDs), dan Universitas Telkom (Dr Ir Heroe Wijanto MT).
Dalam sambutannya, Misbah Fikrianto mengungkapkan, sosialisasi ini adalah langkah pertama dari rangkaian kegiatan GEMASTIK 2020. “Kegiatan akan diawali dengan sosialisasi, dilaksanakan penguatan dengan workshop, pengajuan untuk lomba, dan diakhiri dengan penghargaan,” jelasnya.
Mewakili tim juri GEMASTIK 2020, Misbah Fikrianto membahas lebih lanjut tentang GEMASTIK 2020. Ia menjelaskan, GEMASTIK merupakan program tahunan Puspresnas yang diharapkan menjadi arena kompetisi yang terus meningkatkan kualitas, kreativitas, dan inovasi digital mahasisw. Sehingga mampu mengambill peran sebagai agen perubahan dalam memajukan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dan pemanfaatannya di Indonesia.
Untuk pagelaran tahun ini, Misbah menjelaskan ada sebelas cabang lomba yang dibuka, di antaranya, pemrograman, keamanan siber, penambangan data, desain pengalaman pengguna, animasi, kota cerdas, karya tulis ilmiah TIK, pengembangan perangkat lunak, piranti cerdas sistem benam dan IoT, pengembangan aplikasi permainan, dan pengembangan bisnis TIK.
Tak hanya itu, diadakan pula lomba-lomba tambahan seperti lomba poster dan e-sport.
Ia menambahkan, untuk pelaksanaanya, Universitas Telkom kembali menjadi tuan rumah GEMASTIK 2020. Berbeda dengan tahun lalu, tahun 2020 seluruh tahapan kegiatan GEMASTIK dilaksanakan secara daring dengan satu babak penyisihan dan babak final untuk semua divisi lomba.
“Seluruh babak kompetisi dan acara seremonial dilaksanakan secara daring. Acara dan lomba-lomba tambahan juga dilaksanakan secara daring,” jelas Misbah.
Selain menjelaskan info umum kegiatan GEMASTIK 2020, Misbah juga menjelaskan tentang mekanisme untuk divisi lomba pengembangan perangkat lunak, pengembangan kota cerdas, serta piranti cerdas sistem benam dan IoT.
Selanjutnya, sosialisasi dilanjutkan, Muchammad Husni. Ia menjelaskan lebih lanjut mengenai pengantar dan mekanisme untuk divisi pemrograman, keamanan siber, penambangan data, pengembangan bisnis TIK.
“Khusus untuk divisi pemrograman dan divisi keamanan siber, digunakan sistem pertandingan. Sedangkan divisi yang lain menggunakan sistem pengumpulan karya,” ujar Husni.
Terakhir, materi sosialisasi dibawakan Basnendar Herry, dengan membahas lebih rinci mengenai divisi lomba animasi, pengembangan aplikasi permainan, desain pengalaman pengguna, dan karya tulis ilmiah TIK.
“Animasi harus bertemakan nasionalisme. Lalu, pengembangan aplikasi permainan dan design pengalaman pengguna (UX design) diharapkan memiliki dampak dan manfaat untuk masyarakat,” jelasnya.
Di akhir sesi, tim juri mengarahkan calon partisipan dan dosen pembina agar mengakses laman resmi GEMASTIK 2020 untuk mendapatkan info dan panduan lebih lanjut (gemastik13.telkomuniversity.ac.id).
M118