Follow

KSE Satukan Mahasiswa Lewat Konsep Baju Adat

Editor: Wandi Janwar | Sabtu, 05 Oktober 2019 - 22:46 Wita | 217 Views
Foto: Finsen/identitas

Karya Salemba Empat (KSE) menggelar Pelatihan Kepemimpinan untuk Mahasiswa Indonesia Bagian Timur di Balai Diklat BP-PAUD, Makassar, Sabtu(5/10). Kegiatan ini bernama “Samuel Leadership Camp I Batch 1”.

Acara tersebut diikuti sekitar 100 mahasiswa penerima Beasiswa KSE dari tujuh Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia bagian Timur. Ketujuh PTN itu adalah Universitas Hasanuddin, Universitas Nusa Cendana, Universitas Udayana, Universitas Tadulako, Universitas Sam Ratulangi, Universitas Pattimura, dan Universitas Cendrawasih.

Dalam pelaksanannya terdapat hal yang unik. Semua peserta dan panitia menggunakan pakaian adat dari berbagai suku di Indonesia,  seperti baju adat Suku Bugis, Bali, Flores, Ambon hingga Papua.

Yuyun selaku officer KSE mengatakan, tujuan penggunaan baju adat ini untuk menyatukan peserta dan menyatakan bahwa semua satu Indonesia.

“Walaupun kita berbeda dan berasal dari daerah yang berbeda, namun tujuan kami di sini adalah untuk menyatukan kalau kita Indonesia dan KSE,” jelasnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, penggunaan baju adat tersebut bukan kali pertama tetapi setiap tahun dilakukan pada acara-acara camp seperti ini.

“Setiap tahun kita ada sesi baju adatnya,  itu yang paling seru dan heboh. Semua peserta menunjukkan budaya masing-masing karena kita menghargai,” ujarnya.

Dari peserta sendiri, Flavia Enykastia, mahasiswa Keperawatan Unhas mengatakan sangat senang dan bersemangat dalam mengikuti camp itu.

“Kalau saya sendiri tentunya sangat bersemangat karena ini pelatihan kepemimpinan. Jadi belajar ki bagaimana menjadi pemimpin yang baik,” tuturnya.

M20

BACA JUGA